Musdes Gondosuli, Warga Usulkan Perbaikan Jalan dan Pembangunan Irigasi

Pelaksanaan Musdes RKPDes Gondosuli. Sumber : iNewsProbolinggo.id/muhammad
Pelaksanaan Musdes RKPDes Gondosuli. Sumber : iNewsProbolinggo.id/muhammad

Kolomdesa.com, Probolinggo – Pemerintah Desa Gondosuli, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) guna menyusun Rencana Kerja Desa (RKPDes) Tahun 2025.

Dalam musyawarah tersebut, masyarakat mengajukan tiga usulan prioritas, yaitu perbaikan jalan, pembangunan irigasi, dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT).

“Sebelumnya semua sudah pernah diusulkan pada Musdus (Musyawarah Dusun) dan Musdes (Musyawarah Desa) sebelumnya,” kata Kepala Desa Gondosuli Muhammad. Selasa (24/9/2024).

Muhammad menjelaskan bahwa semua pembangunan itu usulkan berdasarkan kebutuhan masyarakat. Seperti banyaknya jalan rusak yang perlu diperbaiki untuk akses ekonomi masyarakat.

Kemudian irigasi untuk mengairi sawahnya, mengingat banyak masyarakat yang bertani. Serta TPT diusulkan untuk mencegah terjadinya longsor yang meluber ke jalan.

Ia juga menekankan pentingnya dukungan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa, dan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan pembangunan tersebut pada tahun 2025.

“Semuanya turut andil untuk bekerjasama dalam mengawal dan mengawasi agar pembangunan terlaksana,” ucapnya.

Sementara itu, Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Kecamatan Pakuniran menjelaskan bahwa musyawarah ini diadakan berdasarkan Peraturan Menteri Desa Nomor 21 Tahun 2020 tentang rencana kegiatan pemerintah desa. RKPDes 2025 yang disusun ini harus selaras dengan RPJMDes yang telah disusun sebelumnya.

“Banyak masyarakat yang hadir saat ini untuk menyampaikan uneg-uneg dan keinginannya,” jelasnya

Dengan diadakannya Musdes ini, Pemerintah Desa Gondosuli berharap pembangunan di tahun 2025 bisa memenuhi kebutuhan utama masyarakat dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan desa.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *