Site icon Kolom Desa

Penangkaran Burung Walet Potensi Mendongkrang Perekonomian Masyarakat Desa

foto burung walet, sumber foto; realffod

foto burung walet, sumber foto; realffod

NTT – Desa Pesisir Putih, salah satu desa binaan Bank Nusa Tenggara Timur (Bank NTT) memiliki potensi yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Pasalnya, Desa Pesisir Putih memiliki penangkaran burung walet yang bisa dikembangkan oleh masyarakat sekitar.

 

“Sehingga kebanyakan kemarin di RKPDes mengusulkan agar desa bisa membangun itu sebagai satu usaha tetap dengan hanya susah di awal tapi kedepannya tinggal perawatan,” kata Kepala Desa Pesisir Putih, Wenseslaus B Papang, Jumat, (13/10/2023).

 

Ia mengatakan, potensi burung walet yang ada di desanya sangatlah menjanjikan. Untuk mewujudkan perencanaan tersebut, pihaknya akan bermitra dengan Bank NTT dalam hal pengembangan penangkaran burung walet tersebut.

 

“Saya punya harapan agar Bank NTT tetap menjadi sahabat seperjalanan dalam membangun desa teristimewa satu hal ini yaitu penangkaran walet,” ucapnya.

 

Menurutnya, selama ini desanya telah mendapat sentuhan yang sangat luar biasa dari Bank NTT. Seperti dibidang pertanian maupun kuliner yang mana sudah ada 35 orang yang di dampingi oleh Bank NTT.

 

“Dalam program pertanian seperti penanaman jagung hibrida dan juga Kuliner Atanale makanan siap saji, ikan dan ketupat,” katanya.

 

Ia menegaskan, pihaknya akan tetap berjuang untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di desanya. Untuk mengembangkan penangkaran burung wallet ini, kata dia, nantinya masyarakat yang punya modal untuk memulainya terlebih dahulu.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version