Disbunnak Kalbar Bangun Desa Model Pengembangan Ternak Kambing

PONTIANAK – Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi (Disbunnak) Provinsi Kalimantan Barat saat ini tengah fokus membangun desa model pengembangan peternakan kambing di sejumlah daerah. Upaya tersebut dilakukan untuk mendorong kemandirian peternak lokal.



“Untuk desa model berbasis peternakan kambing di Kalbar ini menyasar dua kabupaten yakni Sambas dan Melawi. Hadirnya program ini agar bisa mandiri ternak kambing di Kalbar karena sejauh ini masih sebagian didatangkan dari luar Kalbar,” ujar Kepala Bidang Peternakan  Disbunnak Provinsi Kalbar, Novi Salim, Sabtu (11/3/2023).



Novi mengatakan untuk di Kabupaten Sambas program tersebut sudah diterapkan di Kelompok Sepakat 2 Desa Gelik, Kecamatan Selakau. Diseminasi telah dilakukan di Kabupaten Sambas kepada kelompok peternak agar dapat memahami program dan budidaya kambing dengan baik.



“Kelompok peternakan yang disasar di Kabupaten Sambas tersebut dibangun berbasis kemandirian dan gotong-royong dan diinisiasi oleh Ketua Kelompok Ratijo, sejak 2019,” jelas Novi.



Novi menambahkan, program tersebut dijalankan Kelompok Sepakat 2 Desa Gelik dengan mengadakan arisan ternak. Hasilnya saat ini mayoritas warga Desa Gelik telah memiliki ternak kambing dan mendapatkan pendapatan baik dari ternak maupun dari hasil samping seperti urin dan kotoran kambing.



“Kemarin saat kegiatan diseminasi desa model kami beserta Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas mendorong kelompok menuju perusahaan usaha tani-ternak dengan menggandeng Dinas Koperasi, UKM, perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sambas,” ucap Novi.



Sementara, untuk desa model berbasis peternakan kambing di Melawi pihaknya menyasar Kelompok Dangkan Permai di Desa Tanjung Lay, Kecamatan Nanga Pinoh.



“Di desa Tanjung Lay juga kami ingin memastikan budidaya dan usaha ternak kambing oleh masyarakat di sana terus meningkat dan lebih baik,” tutup Novi.



Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *