Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Desa Kertomulyo Resmikan Pasar Desa

: suasana pedagang UMKM di pasar desa Kertomulyo kabupaten Kendal. Sumber Foto: Kendalkab.go.id
: suasana pedagang UMKM di pasar desa Kertomulyo kabupaten Kendal. Sumber Foto: Kendalkab.go.id

KENDAL – Desa Kertomulyo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal resmikan Pasar Desa. Peresmian pasar desa itu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat desa.

 

“Antusias warga sangat tinggi. Pasar Desa ini sebagai upaya memacu perputaran ekonomi di Kertomulyo,” kata Direktur BUMDes Krida Karya Kertomulyo, Zik Alinudin, Senin (27/2/2023).

 

Sementara itu Kepala Desa Kertomulyo Nasocka mengungkapkan, adanya pasar desa dapat membantu pelaku UMKM serta masyarakat desa. Kedepan pihaknya berencana akan menambah kios pedagang, sehingga hasil pertanian dari warga desa dapat disajikan di pasar.

 

“Kedepan warga Kertomulyo yang mayoritas petani, akan kami fasilitasi. Mereka menjual hasil taninya di pasar ini,” ungkap Kepala Desa Kertomulyo.

 

Selain itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kendal, Yanuar Fatoni meminta agar seluruh kepala desa di kabupaten Kendal dapat memanfaatkan peluang bantuan dana dari Pemkab, Pemprov hingga kemendesa. Untuk digunakan sebagai pendaan dalam melakukan inovasi di desa.

 

“Semua desa di Kabupaten Kendal harus bisa menjadi desa mandiri. Dan itu bisa dilakukan dengan memaksimalkan BUMDes melalui kreativitas dan inovasi warga,” ucap Yanuar Fatoni.

 

Diketahui, Pasar desa dibangun melalui dana desa dari Kementerian Desa PDTT pada tahun 2022 lalu. Hingga saat ini telah ada 36 pedagang yang sudah berjualan. Terdiri pelaku UMKM serta warga Desa Kertomulyo.

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *