Pemkab Lumajang Bakal Bangun Rekayasa Saluran Irigasi di Desa Boreng dan Blukon

LUMAJANG- Bupati Lumajang Thoriqul Haq akan membangun rekayasa saluran irigasi untuk memenuhi kebutuhan air persawahan di Desa Boreng dan Blukon Lumajang.


“Rekayasa saluran irigasi sangat dibutuhkan untuk dapat memenuhi kebutuhan air, di area persawahan Desa Boreng dan Blukon,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat melakukan peninjauan kondisi jaringan irigasi yang ada di di area persawahan Desa Boreng dan Blukon, Minggu (29/1/2023).


Ia meyampaikan, akan melebarkan saluran tersier hingga arah persawahan Blukon. Kemudian, sebagian persawahan yang perlu air dari Kali Tengul juga akan dibangun bendungan. Sehingga air bisa naik dan bisa dipompa untuk pengairan sawah.


“Untuk Desa Boreng, usulan dari Pak Kampung dan Kelompok Tani, membangun bendungan di area jembatan dan memompa menaikkan air ke saluran talang air, supaya bisa mengairi sekitar 45 hektare sawah. Untuk sisanya, diambilkan dari saluran irigasi BLB 8,” ujarCak Thoriq.


Rencana itupun disambut positif oleh masyarakat setempat. Selanjutnya, masyarakat akan melakuuka kerja sama pembersihan saluran irigasi yang saat ini tersumbat dan dipenuhi rumput. Tak hanya itu, masyarakat juga bersedia menggunakan swaklola anggaran dari Baznas. Sehingga penanganan irigasi di Desa Boreng dan Desa Blukon dapat segera dirampungkan.


Penulis : Mukhlis

Editor : Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *