Warga Pariaman Bangun Jalan Penghubung Dua Desa Secara Swadaya

Walikota Pariaman Genius Umar di Pariaman saat minjau pembukaan jalan Sumber: Instagram @geniusumar
Walikota Pariaman Genius Umar di Pariaman saat minjau pembukaan jalan Sumber: Instagram @geniusumar

PARIAMAN –  Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat bersama masyarakat membuka jalan baru untuk menghubungkan Desa Rawang dengan Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah. Pembukaan jalan tersebut dilakukan dengan cara swadaya masyarakat.

 

“Diperkirakan panjang ruas jalan yang akan dibuka tersebut sekitar 600 meter,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Selasa. (9/5/2023).

 

Pembangunan melalui swadaya ini merupakan keinginan dari masyarakat setempat untuk mempermudah akses jalan di dua desa tersebut. Selain itu Pemkot Pariaman juga membantu dengan mengarahkan bantuan alat berat untuk mempermudah proses pembangunan.

 

Ia juga mengatakan Pemkot Pariaman melakukan pembukaan jalan secara swadaya di daerah itu dengan cara gotong royong semenjak pandemi COVID-19 dan hal itu terus berlangsung hingga sekarang.

 

“Ini membuktikan kuatnya budaya gotong royong masyarakat Pariaman untuk ikut membangun daerah atau kampung tercinta,” katanya.

 

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat bersama warga setempat bersinergi membuka jalan baru sepanjang sembilan kilometer di daerah itu tanpa menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

 

“Partisipasi masyarakat tinggi sedangkan anggaran daerah rendah. Namun dengan adanya partisipasi ini kinerja pembangunan bisa menjadi cepat,”  imbuhnya

 

Karena anggaran daerah berkurang akibat pandemi COVID-19 maka Pemkot Pariaman tidak dapat berbuat banyak untuk pembangunan daerah. Oleh karena itu, lanjutnya warga Pariaman bergotong royong serta berpartisipasi mengumpulkan biaya untuk mendanai pembukaan jalan.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *