Cegah Banjir, Desa Sukadami Lakukan Normalisasi Sungai Cikadu

BEKASI – Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat lakukan antisipasi bencana banjir melalui normalisasi sungai Cikadu. Normalisasi ini dilakukan bersama dengann tim khusus Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) serta Destana.


“Alhamdulillah pemerintahan sukadami terus bergerak dan memiliki sistem integrasi bencana, baik bencana alam, kesehatan dan kemanusiaan,” ujar Sekertaris Desa Sukadami, Abeng Arief, Senin (06/03/2023).


Aceng yakin dengan upaya ini potensi adanya bencana banjir dapat diminimalisir. Sebab, aliran air pada sungai akan berjalan lancar, tanpa ada tumpukan sampah yang menjadi penghambat.


Selanjutnya, pihaknya berencana untuk mewujudkan inovasi agar mengubah sungai Cikadu menjadi destinasi wisata. Menurut Aceng, inovasi ini dapat membangkitkan potensi ekonomi masyarakat setempat. Sebab, nantinya pengelolahannya akan diperuntukan pada masyarakat desa. 


“Kami pun di tahun 2024 mempunyai cita-cita, kali Cikadu ini akan kita jadikan sebagai kali wisata,” tambahnya.


Sebagai informasi, Desa Sukadami merupakan desa dengan jumlah penduduk terbanyak di Kecamatan Cikarang Selatan kabupaten Bekasi. Desa ini juga rawan terdampak bencana banjir.


Penulis : Mukhlis

Editor : Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *