Tingkatkan Ekonomi Desa, KKP-Pemkot Ambon Luncurkan Smart Fisheries Village

kolomdesa.com
Ilustrasi Smart Fisheries Village oleh KKP Sumber Foto: Website resmi KKP

AMBON – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon meluncurkan program pembangunan Smart Fisheries Village.

 

Tujuannya agar mendukung potensi di wilayah perikanan, agar mampu menyangga perekonomian desa.

 

“Ini menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota Ambon dalam upaya meningkatkan perekonomian,” ujar PJ Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena, Jumat (24/2/2023).

 

Peluncuran program itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman terkait rencana pembangunan desa perikanan cerdas atau Smart Fisheries Village di kawasan Poka, Kota Ambon.

 

Bodewin menjelaskan, Desa Poka sendiri memiliki lokasi yang strategis serta hasil laut yang benilai ekonomis tinggi jika rencana Smart Fisheries Village itu terlaksana.

 

Selanjutnya, Desa Poka yang berpredikat sebagai desa mandiri itu diharapkan bisa semakin mengembangkan potensi-potensinya dengan Smart Fisheries Village tersebut.

 

Pihaknya optimis rencana pembangunan smart fisheries village akan menjadi percontohan bagi kabupaten dan kota lain.

 

“Kalau ini berhasil, maka akan menjadi percontohan bagi desa lainnya di Maluku. Yang penting satu saja berhasil dulu,” tegasnya.

 

Terpisah, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) I Nyoman Radiarta mengapresiasi atas dukungan dari Pemkot Ambon dalam mendukung pembangunan desa melalui sektor perikanan.

 

Ia mengatakan, dengan adanya Smart Fisheries Village di Desa Poka sendiri maka akan mendorong komoditas-komoditas unggulan milik desa.

 

“Saya melihat pengembangan lobster yang cukup progresif tadi, ini sangat relevan jika nantinya dijadikan sentra lobster di Indonesia,” pungkasnya.

 

Penulis: Danu

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *