APDESI Bakal Gelar Hari Desa Nasional di Gelora Bung Karno

Ketua Umum DPP APDESI (Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia) Surta Wijaya Saat Konferensi Pers, Sabtu (18/2/2023) Sumber foto: Istimewa
Ketua Umum DPP APDESI (Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia) Surta Wijaya Saat Konferensi Pers, Sabtu (18/2/2023) Sumber foto: Istimewa

JAKARTA – Peringatan Hari Desa Nasional tahun ini akan diselenggarakan 19 Maret 2023 bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Hal tersebut Sesuai dengan Surat Undangan Nomor: 04A/DPP APDESI- 9 Tahun UU Desa /II/2023 Tentang Acara Peringatan 9 Tahun UU Desa.


Acara peringatan Hari Desa Nasional tahun 2023 yang sedianya akan digelar pada Minggu, 19 Februari besok, akan diundur pada 19 Maret mendatang. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum DPP APDESI Surta Wijaya.


“Sesuai hasil konsultasi dewan penasehat dan pembina ke Kepala Negara, Presiden meminta peringatan 9 tahun lahirnya UU Desa yang juga dimeriahkan dengan Desa Expo 2023 serta pertunjukan musik, jadwalnya disesuaikan,” kata Surta dalam keterangannya, Sabtu (18/2/2023).


Ia mengatakan, agenda besok akan diganti dengan Simposium dalam memperingati 9 Tahun UU Desa. Hal tersebut dilakukan karena sudah ada peserta Hari Desa Nasional dari luar pulau Jawa yang hadir di Jakarta.


“Bahkan sudah ada peserta Hari Desa Nasional yang datang dari luar pulau Jawa yang akan hadir di Jakarta dari seluruh Indonesia,” ujar Indra.


Simposium tersebut akan dilaksanakan di Hotel Grand Paragon Jalan Gajah Mada, Jakarta. Tema yang diambil dalam simposium tersebut adalah “Revisi UU Desa Demi Kedaulatan Desa”.


Rencananya simposium Pentingnya Revisi UU Desa akan dihadiri oleh 2.500 Kepala Desa, Anggota BPD serta Perangkat Desa perwakilan Kabupaten se-Indonesia.


Acara simposium yang akan digelar 19 Februari 2023 telah mengantongi rekomendasi pelaksanaan kegiatan dari Mendagri, izin keramaian dari Kapolda Metro Jaya, rekomendasi Satgas Covid, rekomendasi rapat koordinasi Kapolda Metro Jaya, serta prosedur perizinan lainnya.


“Speaker Bapak Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI) dengan Narasumber Bapak Yusril Ihza Mahendra dan Ibu Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur,” pungkasnya.


Penulis: Erdhi

Editor : Sol

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *