Ratusan KPM di Desa Sumberaji Terima Bantuan Hibah Lumbung Pangan

Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo menyerahkan bantuan beras CPPD kepada penerima manfaat di balai Desa Sumberaji, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Sumber : desakita.co
Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo menyerahkan bantuan beras CPPD kepada penerima manfaat di balai Desa Sumberaji, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Sumber : desakita.co

Kolomdesa.com, Jombang Sebanyak 897 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Sumberaji, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, menerima bantuan beras cadangan pemerintah daerah (CPPD) dan hibah lumbung pangan dari Pemerintah Kabupaten Jombang.

Program ini bertujuan mendukung keberlanjutan lumbung pangan desa dan mendorong masyarakat agar lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan.

”Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat, terutama bagi mereka yang kurang mampu,” kata Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo. Kamis (3/10/2024).

Teguh menjelaskan bahwa menyampaikan bahwa beberapa kelompok lumbung pangan desa menerima bantuan berupa gabah kering giling sebagai upaya menghadapi ancaman kekurangan pangan akibat kemarau panjang.

”Dengan adanya lumbung pangan desa, diharapkan masyarakat dapat memiliki cadangan pangan sendiri dan terhindar dari ancaman kelaparan,” imbuh dia.

Program hibah ini mengharuskan setiap kelompok menyisihkan sebagian gabah sebagai cadangan pangan, serta menerapkan sistem simpan pinjam gabah untuk menjamin keberlanjutan lumbung pangan desa.

”Sehingga keberlanjutan lumbung pangan dapat terjamin,” tutur Teguh,

Menurut Teguh, ketahanan pangan di desa sangat penting untuk mengantisipasi krisis pangan di masa mendatang. Pemkab Jombang telah menindaklanjuti hal ini dengan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 102 Tahun 2023 tentang Cadangan Beras Pemerintah Daerah.

”Di dalam peraturan tersebut, setiap desa diwajibkan memiliki cadangan beras pemerintah desa minimal 500 kilogram beras, atau setara dengan 781 kilogram gabah kering giling, bersumber dari Dana Desa,” tutur Teguh.

Langkah ini sangat penting untuk memastikan setiap desa memiliki cadangan pangan pokok yang memadai, baik dari segi jumlah maupun mutu.

”Guna mengantisipasi dan menanggulangi potensi krisis pangan di daerah,” ujar dia.

Ditegaskan Teguh, ketahanan pangan merupakan salah satu prioritas bersama. Diharapkan, seluruh pihak terkait, mulai dari pemerintah daerah, aparat desa, hingga kelompok masyarakat, terus bersinergi dalam menjaga ketersediaan pangan yang cukup. Baik melalui program CPPD maupun melalui pengelolaan lumbung pangan yang optimal.

”Mari bersama-sama bekerja keras demi mewujudkan Kabupaten Jombang yang sejahtera dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk dalam hal ketahanan pangan,” kata Teguh.

Sementara itu, Kepala DKPP Jombang Nurkamalia menjelaskan, bantuan hibah lumbung pangan diberikan kepada kelompok lumbung yang telah memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditetapkan.

”Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kelompok lumbung pangan desa untuk mengembangkan usahanya,” ujar Nurkamalia.

Melalui program ini, diharapkan ketahanan pangan di Kabupaten Jombang dapat semakin terjaga.

Pemkab juga terus berupaya untuk meningkatkan produksi pangan lokal dan diversifikasi pangan agar masyarakat memiliki pilihan pangan yang lebih beragam dan bergizi.

”Bantuan hibah isi lumbung diberikan kepada beberapa kelompok lumbung pangan, di antaranya Lumbung Pangan Sumber Pangan di Dusun Tanjung, Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh,” imbuh dia.

Lalu Lumbung Pangan Paceklik di Dusun Jalak, Desa Banjardowo, Kecamatan Kabuh. Lumbung Pangan Sri Rejeki di Dusun Gondang, Desa Kromong, Kecamatan Ngusikan.

”Masing-masing kelompok menerima bantuan senilai 4 ton gabah kering giling,” kata Nurkamalia.

Turut hadir Kepala DKPP Jombang Nurkamalia, dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Jombang.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *