Desa Wisata Silokek: Suguhkan Keindahan Alam dan Budaya Minangkabau

Desa Wisata Silokek yang berada di Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat menawarkan keindahan alam dan budaya. Desa Wisata ini dikelilingi tebing perbukitan karst yang memiliki keindahan alam yang menawan.
Desa Wisata Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Sumber: Dok. Jadesta
Desa Wisata Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Sumber: Dok. Jadesta

Kolomdesa.com, Sijunjung – Di tengah hiruk pikuk kota, kita seringkali memerlukan tempat untuk menenangkan diri dan menyegarkan pikiran. Salah satu tempat yang sangat direkomendasikan adalah Desa Wisata Silokek, yang terletak di Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

Desa Wisata Silokek menyuguhkan keindahan alam yang asri, serta budaya dan tradisi yang tetap terpelihara oleh masyarakat Minangkabau. Desa ini dikelilingi oleh tebing-tebing perbukitan karst dan memiliki keragaman geologi. Termasuk sedimen berusia 350 juta tahun dan batuan beku berumur 250 juta tahun, menjadikannya sebagai daya tarik khas Desa Wisata Silokek.

”Yang membedakan antara Desa Wisata Silokek dari wisata lainnya yaitu tebing perbukitan khas yang memiliki usia ratusan tahun,” kata salah satu pengelola Desa Wisata Silokek, Ezzam Muhammad Nur, kepada Kolomdesa, Kamis (26/9/2024).

Tak hanya keindahan alam dan budayanya, di Desa Wisata Silokek anda juga dapat menikmati berbagai aktivitas wisata lainnya. Di antaranya seperti, trekking, rappeling, rafting, dan juga wisata pantai pasir putih, camping serta jelajah goa.

Desa Wisata Silokek: Suguhkan Keindahan Alam dan Budaya Minangkabau
Rafting di Desa Wisata Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Sumber: Dok. Jadesta

Rafting di Desa Wisata Silokek

Di Desa Wisata Silokek, wisatawan yang menyukai aktivitas memacu adrenalin dapat mencoba permainan rafting. Aktivitas ini tidak hanya menantang, tetapi juga menyuguhkan pengalaman yang menakjubkan berkat keindahan sungainya.

Sungai Silokek memiliki jeram-jeram yang bervariasi, memberikan sensasi tersendiri saat meluncur di atas rakit. Setiap jeram membawa tantangan unik yang memerlukan kerjasama tim.

Tak hanya itu saja, selama perjalanan, wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Dikelilingi oleh hutan tropis, tebing batu, dan panorama alam yang hijau, setiap momen di sungai ini terasa magis.

Rafting di sini tidak hanya memacu adrenalin, tetapi juga menawarkan keindahan tebing di pinggir sungai,” katanya.

Untuk mencoba permainan tersebut, wisatawan perlu membayar tiket sebesar Rp 400.000 per orang. Selama aktivitas rafting, para wisata akan didampingi oleh pemandu yang sudah berpengalaman.

”Untuk permainan rafting wisatawan membayar Rp 400.000 per orang. Jika melebihi enam orang maka ongkosnya bisa berkurang,” sambungnya.

Desa Wisata Silokek: Suguhkan Keindahan Alam dan Budaya Minangkabau
Jembatan Gantung Desa Wisata Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Sumber: Dok. Jadesta

Wisata Pantai Pasir Putih dan Jembatan Gantung Desa Wisata Silokek

Desa Wisata Silokek juga memiliki wisata pantai pasir putih yang memikat. Pantai yang ada di Sikokek memiliki pasir putih yang lembut, dan cocok untuk bersantai, bermain, atau berjemur.

Dengan air yang jernih dan tenang, pengunjung dapat menikmati suasana damai sambil melihat ikan-ikan kecil berenang. Area yang teduh dan nyaman, juga cocok untuk piknik bersama keluarga atau teman. Beberapa tempat juga menyediakan fasilitas penyewaan tikar dan payung.

Dengan pemandangan laut yang indah dan latar belakang langit biru, pantai ini menjadi tempat ideal untuk berfoto. Untuk memasuki wisata pantai ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya.

”Wisatawan juga dapat menikmati pantai pasir putih yang ada di sini tanpa harus mengeluarkan biaya, kita free-kan untuk biaya masuk pantai,” jelasnya.

Tak hanya pantai pasir putih, jembatan gantung yang ada di Desa Wisata Silokek adalah salah satu daya tarik yang juga tidak boleh dilewatkan. Jembatan ini menawarkan pengalaman unik dan pemandangan alam yang memukau.

Dari jembatan, pengunjung dapat menikmati panorama hutan hijau, aliran sungai, dan pegunungan di sekitar desa. Jembatan ini juga menjadi lokasi yang populer untuk spot foto bagi wisatawan.

”Untuk menikmati suasana alam dari jembatan gantung, wisatawan tidak dipungut biaya, karena jembatan ini juga penghubung ke destinasi wisata lainnya,” sambungnya.

Desa Wisata Silokek: Suguhkan Keindahan Alam dan Budaya Minangkabau
Camping Desa Wisata Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat: Sumber: Dok. Jadesta

Camping Ground

Bagi wisatawan yang suka camping, Desa Wisata Silokek juga menawarkan pengalaman berkemah yang menyenangkan, dikelilingi oleh keindahan alam yang memukau. untuk paket camping disini memiliki dua macam.

Pertama, paket camping Rp 75 ribu per orang. Untuk paket ini, wisatawan hanya mendapatkan fasilitas tenda lengkap dan juga sound system.

Sedangkan untuk paket yang Rp 275 ribu per orang. Wisatawan bisa sudah bisa mendapatkan transportasi lokal, sound system, sarapan 1x, dua bonus destinasi wisata pilihan dan juga merchandise.

Camping di sini ada dua macam, ada yang Rp 75 ribu per orang dan juga ada Rp 275 ribu per orang,” jelasnya.

Jam Operasional, dan Rute Menuju Desa Wisata Silokek

Desa Wisata Silokek beroperasi setiap hari dari jam 08:00 WIB hingga 16:00 WIB. Meskipun tidak ada tiket masuk untuk memasuki desa wisata, setiap pengunjung yang ingin menikmati permainan atau atraksi budaya akan dikenakan biaya yang bervariasi sesuai pilihan mereka.

Rute menuju Desa Wisata Silokek dari Kota Padang dimulai dengan mengambil Jalan Raya Padang-Bukittinggi. Selanjutnya, ikuti jalur menuju Kabupaten Sijunjung. Setelah sampai di Sijunjung, ikuti petunjuk arah untuk mencapai Desa Silokek.

Untuk perjalanan menuju Desa Wisata Silokek, wisatawan dapat menggunakan roda empat maupun roda dua. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 3-4 jam, tergantung kondisi jalan dan lalu lintas.

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di: