Beteleme Dijadikan Desa Berdaya oleh PLN Sulawesi

Proses membersihkan kolam air panas di Desa Beteleme. Sumber: www.sulselsatu.com.
Proses membersihkan kolam air panas di Desa Beteleme. Sumber: www.sulselsatu.com.

Kolomdesa.com, Morowali Utara – Desa Beteleme, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali Utara dijadikan sebagai Desa Berdaya oleh PT PLN UIP Sulawesi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam memberikan kemanfaatan di sekitar pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi UIP Sulawesi, Nur Akhsin mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan program tahunan. Menurutnya, program Desa Berdaya merupakan kegiatan prioritas PLN di tahun 2024.

“Kegiatan yang ditunggu oleh masyarakat luas, terutama yang ada di Sulawesi,” jelas Akhsin, Kamis (26/09/2024).

Akhsin menyebut, program ini sebagai bagian dari program PLN memiliki tujuan untuk meningkatkan prinsip ESG. Bukan hanya itu, kegiatan tersebut dilakukan sebagai kepedulian dengan lingkungan setempat.

“Kegiatan ini juga sebagai bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan UIP Sulawesi” bebernya.

Disebutkan bahwa pada program ini, PLN berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Bintang Timur, Desa Beteleme untuk menjaga dan melestarikan objek wisata air panas serta lingkungan di sekitarnya.

“Objek wisata air panas Desa Beteleme memiliki potensi besar jika diberdayakan dengan maksimal,” ucap Direktur BUM Desa) Bintang Timur, Norcin Y. Supari.

Menurut Supari, agar fungsi kolam air panas yang ada di desanya perlu usaha yang maksimal. Pasalnya, kondisi kolam banyak ditumbuhi lumut air, dan banyak kerak tanah yang menempel.

“Peningkatan pembangunan perlu dilakukan sebelum destinasi kolam air panas digunakan sebagai destinasi wisata,” kata Supari.

Supari menyebutkan, selain melakukan bersih-bersih terhadap kolam air panas. Penataan ulang fasilitas kolam, dan membersihkan area aliran sungai, serta sekitar objek wisata juga tidak luput dari kegiatan bersih-bersih itu.

“Fasilitas wisata yang kita lakukan terkait toilet, gazebo, dan papan penunjuk arah, pagar, pengecatan tembok pagar, dan pengadaan tempat sampah,” sebut Supari.

Supari mengungkapkan, adanya kegiatan Desa Berdaya yang dilaksanakan oleh PLN sangat membantu. Banyak warga yang bergotong royong turut serta untuk membersihkan kolam air panas.

“Kami sangat berterima kasih kepada PLN UIP Sulawesi karena telah mengadakan kegiatan Desa Berdaya di Desa Beteleme,” ujar Supari.

Supari mengatakan, setelah kegiatan pembersihan area kolam air panas, nantinya akan dibuka objek wisata dan mengajak warga Desa Beteleme untuk membuka usaha UMKM di lokasi wisata.

“Nantinya memberdayakan masyarakat setempat, sehingga mereka memperoleh pendapatan,” cetusnya.

Lebih lanjut, Camat Lembo, Benyamin PB. Hambuako mengapresiasi kegiatan desa berdaya di Desa Bateleme. Menurutnya, kegiatan tersebut liner dengan dengan menjaga lingkungan.

“Ini sangat bagus terobosan yang dibuat oleh BUM Desa, dan PLN. Perlu diteruskan hingga memberdayakan masyarakat sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat,” pungkas Benyamin.

Penulis : Fuji
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *