Batuputih Bawah Terpilih Jadi Desa Wisata Terbaik

Penyerahan penghargaan desa wisata terbaik untuk Kelurahan Batuputih Bawah. Sumber: manadopost.jawapos.com.
Penyerahan penghargaan desa wisata terbaik untuk Kelurahan Batuputih Bawah. Sumber: manadopost.jawapos.com.

Kolomdesa.com, Bitung – Kelurahan Batuputih Bawah, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung terpilih menjadi desa wisata terbaik. Pengukuhan tersebut langsung diberikan secara simbolis oleh Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreatif, Restog Krisna Kusuma.

“Kelurahan Batuputih merupakan kelurahan yang terpilih menjadi Desa Terbaik, dan masuk 50 besar,” ujar Restog, Kamis (12/9/2024).

Menurut Restog, Kelurahan Batuputih Bawah merupakan salah satu desa wisata terbaik yang terpilih untuk dikunjungi secara langsung. Lantaran sebelumnya, Restog mengaku juga sudah mengunjungi 39 desa wisata terbaik lainya.

“Kelurahan Batuputih ini merupakan desa wisata yang ke 40 yang sudah kita kunjungi, bersama dewan juri,” kata Restog.

Restog mengaku, cukup bangga dengan komitmen pengelola Desa Wisata Batuputih Bawah. Menurutnya, pencapaian saat ini merupakan kerja keras yang patut diapresiasi.

“Kami tentu mengapresiasi pengelola desa wisata di Batuputih Bawah, dan ini sejalan dengan visi misi di Kemenparekraf,” jelas Restog.

Restog mengatakan akan merancang desa wisata terbaik, salah satunya Batuputih untuk dijadikan sebagai wisata unggulan. Rencana itu merupakan bentuk komitmen, agar desa wisata terpilih dapat menginspirasi dalam pengembangan wisata.

“Kami akan mengusahakan untuk terus berkolaborasi, bersinergi, dan menginspirasi guna pengembanagn desa wisata,” tutur Restog.

Sembari berjalan, pihaknya akan berkomitmen untuk terus mendampingi Batuputih Bawah agar terus meningkatkan destinasi wisatanya. Hal ini dilakukan, karena pada tahun 2024 ini Desa Wisata Batuputih Bawah akan ikut ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

“Dengan kelebihan yang dimiliki oleh Desa Wisata Batuputih, harapannya saat ADWI berlangsung dapat bersaing lebih lagi, dengan kontestan lain,” terangnya.

Seperti diketahui, destinasi Desa Wisata di Batuputih didominasi oleh wisata Flora dan Fauna. Destinasi alam tersebut sangat menarik, dan penting untuk terus dijaga, ataupun dikreasikan agar menarik lebih banyak wisatawan.

“Kami sudah menyiapkan bantuan untuk Kelurahan Batuputih Bawah, silakan ajukan proposal untuk meningkatkan nilai tambah,” pungkas Restog.

Penulis: Fuji
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *