Warga Desa Banjarnegoro Gelar Kirab Budaya sebagai Wujud Syukuran

Warga berebut gunungan saat merti desa di halaman Kantor Kelurahan Banjarnegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Sumber : ROFIK SYARIF/ JAWA POS RADAR MAGELANG
Warga berebut gunungan saat merti desa di halaman Kantor Kelurahan Banjarnegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Sumber : ROFIK SYARIF/ JAWA POS RADAR MAGELANG

Kolomdesa.com, Magelang – Warga Desa Banjarnegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, menggelar acara kirab budaya, grebeg gunungan, serta enampilan seni tari di halaman kantor desa.

Di samping itu, Acara tersebut juga menampilkan delapan gunungan yang berisi produk unggulan UMKM dan hasil pertanian desa setempat.

“Tahun ini kita rangkai dengan kirab budaya, grebeg gunungan, serta performance art,” kata Kepala Desa Banjarnegoro Mohamad Mustokhi. Minggu (8/9/2024).

Mustokhi mengatakan, kegiatan merupakan bentuk ungkapan syukur warga Desa Banjarnegoro atas berkah kesejahteraan, kenyamanan, dan kerukunan warga.

Menurutnya, delapan gunungan ini merupakan hasil bumi Desa Banjarnegoro, serta produk UMKM hasil olahan masyarakat di setiap dusun seperti krecek, rengginang, slondok, krupuk kulit, moho, serta berbagai produk UMKM yang merupakan potensi di desa tersebut.

Kegiatan ini, lanjut Mustokhi, diawali dari lapangan Dusun Dawung, Banjarnegoro dengan finish di Kantor Desa Banjarnegoro.

Setelah kirab dan penampilan masing-masing dusun, masyarakat langsung memperebutkan gunungan tersebut.

Seperti Savera, meruapakan salah satu warga yang ikut berebutan gunungan saat merti desa berlansung, ia juga mengaku senang mendapatkan kubis, sawi, kacang panjang, terong, dan wortel.

“Sempat surung-surungan. Kita ambil satu-satu setiap gunungan biar dapat semuanya,” ungkapnya.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *