Cegah Malaria, Pemdes Tebing Tinggi Lakukan Giat Mass Blood Survey

Proses pengecekan dan pengambilan sampel darah di Desa Tebing Tinggi. Sumber: metrorakyat.com
Proses pengecekan dan pengambilan sampel darah di Desa Tebing Tinggi. Sumber: metrorakyat.com

Kolomdesa.com, Serdang Bedagai– Pemerintah Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai bersama Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai dan Tim Kesehatan Puskesmas Tanjung Beringin melakukan pengecekan dan pengambilan sampel darah (Mass Blood Survey). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran wabah malaria.

Kepala Puskesmas Tanjung Beringin, Sherlyta Mutia menjelaskan bahwa pengambilan sampel darah atau Mass Blood Survey (MBS) ini bertujuan untuk mendeteksi adanya malaria. Terutama pada warga yang rentan terhadap penyakit malaria.

“Ini sangat penting, mengingat malaria dapat menyebar dengan cepat, terutama di wilayah dengan populasi yang rentan. Kami ucapkan terimakasih kepada Tim Desa Tebing Tinggi yang membantu dalam mensosialisasikan dan merekrut warganya,” ujar Sherlyta Mutia, Senin (2/9/2024).

Ia mengatakan, sampel darah yang diambil akan diberi pewarnaan di Puskesmas Tanjung Beringin, kemudian hasilnya akan dianalisis di Rumah Sakit Sultan Sulaiman. Bagi warga yang dinyatakan positif malaria akan mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan jenis parasit yang ditemukan dalam darah.

Lebih lanjut, Pj Kepala Desa Tebing Tinggi, Ilham mengungkapkan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wabup Sergai, Dinas Kesehatan dan pihak Puskesmas Tanjung Beringin yang telah melakukan kegiatan MBS kepada warga, dalam memperkecil dampak wabah malaria.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk masyarakat, karena terbantu bagi warga dapat mendeteksi kesehatannya sejak dini dengan pengecekan darah dan selanjutnya pemberian pengobatan gratis. Untuk Desa Tebing Tinggi ada sekitar 389 warga yang melakukan pengecekan dan pengambilan sampel darah,” tutupnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *