Dua Desa Terpencil di Banggai Kepulauan Teraliri Listrik

Petugas PLN berhasil menyelesaikan proyek jaringan listrik di Desa Boniton dan Luasampe. Sumber : palu.tribunnews.com
Petugas PLN berhasil menyelesaikan proyek jaringan listrik di Desa Boniton dan Luasampe. Sumber : palu.tribunnews.com

Kolomdesa.com, Banggai Kepulauan – Sejumlah dua desa terpencil di Kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai Kepulauan kini sudah teraliri listrik. Adapun kedua desa tersebut yaitu Desa Boniton dan Luasampe.

“Konstruksi listrik di dua desa itu sudah selesai dibangun,” ucap General Manger PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Atmoko Basuki, Sabtu(17/8/2024).

Menurut Basuki, Desa Boniton dan Luasampe yang berada jauh dari pusat kota juga berhak mendapat aliran listrik. Dia menjelaskan, ini merupakan bagian dari pemerataan persebaran listrik.

“Daerah terpencil juga berhak memperoleh manfaat dari adanya keberadaan listrik,” katanya.

Basuki menambahkan, selain penyebaran listrik hingga pelosok merupakan bagian dari tugas PLN. Kegiatan ini juga termasuk bentuk kepedulian agar kawasan terpencil juga terang.

“Bukti nyata PLN agar seluruh masyarakat Indonesia menjadi terang,” ucapnya.

Menurut Basuki, dengan berfungsinya listrik di Desa Boniton dan Luasampe agar masyarakat di kedua desa tersebut meningkat produktivitasnya. Ia berharap, warga yang ingin bekerja saat malam tiba juga dapat terlaksana karena lampu listrik dapat digunakan.

“Dengan listrik, warga Desa Boniton dan Lumpue dapat lebih produktif, sehingga lebih sejahtera dibandingkan sebelum adanya listrik,” terangnya.

Basuki juga menegaskan warga Desa Boniton dan Luasampe tidak perlu takut kehabisan listrik. Dia menjelaskan, kedua desa itu juga sudah dibangun gardu dengan kapasitas 50 kilovolt- ampere(kVa).

“Gardu listrik juga sudah berhasil kami bangun di kedua desa ini, kapasitasnya 50 kVa,” sebutnya.

Ia berharap, selain untuk melakukan aktivitas sehari-hari, lstrik yang sudah berfungsi di Desa Boniton dan Luasampe ini dapat menumbuhkan perputaran ekonomi baru.

“Kualitas hidup warga lebih meningkat, dan warga dapat membuka peluang ekonomi baru dengan keberadaan listrik di tempat ini,” pungkas Atmoko.


Penulis : Fuji
Editor : Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *