Pemdes Desa Sumber Rejeki Gelar Lomba Peringatan HUT ke-79 RI

Panitia lomba HUT RI di Desa Sumber Rejeki, Kecamatan Juai berfoto bersama di depan gapura yang dibangun masyarakat setempat beberapa waktu lalu.
Panitia lomba HUT RI di Desa Sumber Rejeki, Kecamatan Juai berfoto bersama di depan gapura yang dibangun masyarakat setempat beberapa waktu lalu. Sumber: HO-MC Balangan

Kolomdesa.com, Balangan – Pemerintah Desa (Pemdes) Sumber Rejeki, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menggelar lomba menghias lingkungan mulai dari pos kamling hingga pekarangan rumah. Lomba tersebut guna memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

“Lomba ini kita gelar untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan gotong royong di kalangan warga, dengan memanfaatkan perlombaan sebagai sarana memperingati hari bersejarah,” kata Kepala Desa Sumber Rejeki, Kuwat, Kamis (15/08/2024).

Kuwat mengatakan bahwa lomba ini diikuti sebanyak 15 rukun tetangga (RT) di desanya. Lomba tersebut langsung dinilai oleh para juri dari perwakilan Diskominfosan Balangan, Disporapar Balangan, TP PKK Balangan, Babinsa 01/Juai, serta kepala desa.

”Melalui lomba yang digelar ini dapat mempererat persatuan dan kerja sama di kalangan masyarakat serta dapat memotivasi masyarakat untuk menjaga dan memperindah lingkungan mereka,” ungkapnya.

Kuwat menjelaskan untuk kategori yang dinilai meliputi hiasan gapura bertema kemerdekaan dengan nuansa merah putih. Kemudian pos kamling yang dinilai dari fungsionalitas dan inovasi untuk keamanan lingkungan.

”Kebersihan lingkungan juga mencerminkan kerja sama masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan,” tambahnya

Sementara itu, Babinsa Koramil 01/Juai di Desa Sumber Rejeki Arby Fauzan, sangat mengapresiasi kreatifitas masyarakat setempat dalam menghias pos kamling, gapura hingga pekarangan rumah masing-masing.

“Para warga membuat gapura berbentuk burung garuda, kapal tanker, mobil truk oleng, dan masih banyak lagi,” ujar Arby.

Sebagai informasi, setelah melewati penilaian dewan juri, pemenang lomba akan diumumkan pada acara jalan santai di Desa Sumber Rejeki pada 18 Agustus 2024 mendatang.

Penulis : Devi arp
Editorn : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *