Ngadi Disiapkan Jadi Desa Wisata Nusantara

Danau Waren Ngadi. Sumber: Wisato
Danau Waren Ngadi. Sumber: Wisato

Kolomdesa.com, Tual – Desa Ngadi, Kecamatan Dullah, Kota Tual, Provinsi Maluku disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) setempat untuk menjadi Desa Wisata Nusantara. Tujuannya agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Saat ini Pemkot Tual sedang menonjolkan destinasi wisata bahari seperti pantai dan Danau Waren di Desa Ngadi,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual, Zaky Kabalmay, Sabtu (10/8/2024).

Desa Ngadi saat ini disiapkan untuk mengikuti Lomba Desa Wisata Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2024. Saat ini, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Tual diminta untuk komitmen mensukseskannya.

“Itu sesuai dengan tupoksi kelembagaan misalnya Dinas PUPR menyiapkan infrastruktur, Dinas LHK melakukan pembersihan spot wisata dan lain sebagainya, kami Dinas Pariwisata sedang menyiapkan konsep tentang bagaimana Desa Ngadi bisa menjadi desa wisata, berkaitan dengan memaksimalkan penataan kuliner, penginapan serta tempat-tempat yang menjadi unggulan,” ujar Zaky.

Selain itu, persiapan berupa sajian seni budaya setempat juga tengah dilakukan guna memperkenalkan kebudayaan dari Tual sendiri. Sebab pada 20 Agustusm2024, pihaknya akan menggelar berbagai sajian seni budaya maupun potensi-potensi Ngadi.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Ngadi Hatta Renyaan mengatakan pihaknya berupaya maksimal dalam mensukseskan acara tersebut. Sedangkan, obek yang akan digunakan dalam acara tersebut adalah Danau Waren.

“Kami sedang berupaya semaksimal mungkin, walaupun banyak kekurangan, kendala, terkait dengan sarana maupun fasilitas yang ada, tetapi tetap kami maksimalkan,” katanya.

Hatta menjelaskan, Danau Waren merupakan objek wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Ngadi. Ia menyebut pengelolaan wisata oleh BUM Desa merupakan syarat penting bagi peserta dalam mengikuti ajang ini.

Penulis: Wahyu
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *