Desa Tebingsiring Komitmen Jaga Jalan Kebun Sepanjang 4,7 Kilometer

Suasana kemeriahan di lokasi syukuran warga Tebingsiring dekat gapura masuk desa setempat.
Suasana kemeriahan di lokasi syukuran warga Tebingsiring dekat gapura masuk desa setempat. Sumber: Diskominfo Tala

Kolomdesa.com, Tanah Laut – Jalan kebun sepanjang 4,7 kilometer telah beralih status kepemilikannya dari semula dimiliki PTPN IV, kini menjadi aset milik Pemkab Tanah Laut. Warga Desa Tebingsiring, Kecamatan Pelaihari Tala berkomitmen menjaga dan merawat jalan tersebut ketika kelak telah diperbaiki oleh Pemkab Tala.

Penandatanganan dokumen dan serah terima jalan kebun PTPN IV Regional V Sepanjang 4,7 kilometer kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), disambut dengan penuh sukacita oleh warga Desa Tebingsiring, Kecamatan Pelaihari.

“Pelepasan jalan kebun tersebut merupakan penantian panjang seluruh warga di kampungnya. Perjuangan tak kenal lelah selama 32 tahun,” Kata Kades Tebingsiring, Mulyadi, (17/07/2024)

Mulyadi turut hadir pada acara penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Pelepasan Aktiva Tetap PTPN IV Regional V untuk Pembangunan Jalan Umum Desa Tebingsiring dan penandatanganan Surat Pernyataan Pelepasan Hak Tanah PTPN IV Regional V untuk Pembangunan Jalan Umum Desa Tebingsiring bertempat di kantor Kebun Pelaihari PTPN IV di Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari.

“Penandatanganan dua dokumen penting itu dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Tala H Syamsir Rahman dan Senior Executive Vice President (SEVP) Operation II PTPN IV Regional V Ihsan,” tambahnya.

Mulyadi mengatakan, seiring penandatanganan dokumen tersebut, jalan kebun sepanjang 4,7 kilometer itu beralih status kepemilikannya. Semula dimiliki PTPN IV kini menjadi aset milik Pemkab Tala.

Selanjutnya, Pemkab Tala dapat mulai merealisasikan perbaikan jalan yang menjadi akses utama warga Tebingsiring keluar kampung atau ke Kota Pelaihari. Pasalnya, jalan tersebut memang menjadi urat nadi penting bagi perekonomian warga desanya sehingga tentu akan menjaganya sebaik mungkin.

“Selama 32 tahun warga di kampung terbelenggu oleh kondisi jalan yang sulit dilintasi. Bahkan Saat penghujan badan jalan menjadi becek dan licin, sedangkan saat siang menjadi sangat berdebu,” umgkapnya

Mulyadi mengungkapkan rasa terimakasih kepada Pj Bupati Tala H Syamsir Rahman yang begitu intens mengurus percepatan penyelesaian pelepasan jalan kebun tersebut. Sehingga dalam waktu tak begitu lama dapat terselesaikan.

Kemudian, pihaknya juga berterimakasih kepada DPRD Tala yang selama ini juga getol membantu warga Tebingsiring dalam upaya memperjuangkan pelepasan jalan kebun itu. “Kami juga berterimakasih kepada manajemen PTPN IV Regional V yang telah bersedia melepaskan jalan kebun sepanjang 4,7 kilometer itu untuk jalan umum menuju desa kami,” tandas Mulyadi.

Sebagai informasi, warga Tebingsiring menyembelih satu ekor sapi jantan untuk syukuran bertempat di jalan kebun setempat, dekat gapura masuk ke desa setempat. Hiburan musik dan kuda lumping pun turut disajikan untuk melengkapi kegembiraan tersebut.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *