BUM Desa Binor Energi Cuan Ratusan Juta Lewat Unit Wisata Pantai Bohai

BUM Desa Binor Energi dinilai mampu memberikan angin segar bagi warga setempat lewat pengelolaan Wisata Pantai Bohai. Melalui unit usaha pengelolaan wisata ini, BUM Desa tersebut berhasil meraih omzet ratusan juta rupiah dan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).
Pemandangan disaat malam hari di Pantai Bohai. Sumber foto: website resmi Desa Binor.
Pemandangan disaat malam hari di Pantai Bohai. Sumber foto: website resmi Desa Binor.

Kolomdesa.com, ProbolinggoBadan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Binor Energi yang terletak di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo dinilai mampu memberikan angin segar bagi warga setempat lewat pengelolaan Wisata Pantai Bohai. Melalui unit usaha pengelolaan wisata ini, BUM Desa tersebut berhasil meraih omzet ratusan juta rupiah dan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Direktur BUM Desa Binor Abdul Qomar mengatakan BUM Desa Binor secara resmi berdiri pada tahun 2017. Hal ini berdasarkan Peraturan Desa Binor tentang Pendirian Badan usaha Milik Desa (BUM Desa) Binor Energi.

Ia mengungkapkan pendirian BUM Desa ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa dan membuka lapangan pekerjaan yang luas.

“Tujuan dari pendirian dari BUM Desa Binor Energi ini adalah untuk meningkatkan perekonomian warga Desa Binor dan terbukanya lapangan pekerjaan yang meningkat,” ujar Qomar.

Tak hanya memiliki unit usaha pengeloaan wisata Pantai Bohai, BUM Desa Binor Energi juga memiliki unit usaha Pasar Minggu Dewi Harmoni dan Kantin Desa.

Wisata Pantai Bohai (Binor Harmoni)

Jika para wisatawan mengenal Pantai Bentar dan Pantai Duta sebagai salah satu destinasi favorit wisata kelautan di Kabupaten Probolinggo, maka mulai akhir tahun 2017 terdapat tempat wisata yang tak kalah menarik, yaitu Pantai Bhinor Harmoni (Bohai) yang berlokasi di Desa Bhinor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Diambil dari nama desa yaitu Binor, pantai tersebut diberi nama Binor Harmoni dengan tujuan menjadikan kawasan tersebut membawa kenyamanan dan ketenangan dalam tatanan kehidupan setiap pengunjung yang ke sana. Keistimewaan dari pantai ini adalah pemandangan sunset yang begitu indah dan jelas berlokasi paling timur dari Kabupaten Probolinggo dan kilauan cahaya PLTU Paiton di malam hari.

BUM Desa Binor Energi Cuan Ratusan Juta Lewat Unit Wisata Pantai Bohai
Cafe dan Resto ini merupakan salah satu unit usaha BUM Desa Binor Energi. Sumber foto: website resmi Desa Binor.

Pantai Bohai menyuguhkan pemandangan pantai dan laut yang sangat indah. Selain itu, dengan adanya pohon-pohon di tepi pantai Bohai ini juga membawa suasana yang sangat sejuk. Pada siang hari, pengunjung atau wisatawan dapat menikmati hamparan pasir yang bersih, dan pengunjung juga dapat berkunjung ke rumah apung yang berada ditengah laut yang tidak jauh dari tepi pantai.

Tak hanya rumah apung, banyak kegiatan yang dapat dilakukan pada siang hari seperti melakukan snorkeling, diving dan lain sebagainya. Akan tetapi, di luar wilayah destinasi Pantai Bohai. Sedangkan untuk malam hari, wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang sangat bagus dan juga terang dari PLTU Paiton. Pemandangan dari lampu dari PLTU Paiton menambah daya tarik Pantai Bohai untuk malam hari.

Disamping itu ditambah dengan kehadiran sejumlah fasilitas yang bikin pengunjung betah, seperti cafe dan resto. Pengunjung bisa duduk bersantai sambil menikmati deburan ombak yang tenang di tepi Pantai Bohai. Sembari meneguk hangatnya segelas teh jahe dengan gula merah (Jaga), bikin pikiran menjadi makin segar dan rileks.

Diketahui, Jaga merupakan minuman signature yang ditawarkan di cafe dan resto Wisata Pantai Bohai. Hanya dengan membayar Rp20 ribu, pengunjung sudah mendapatkan 1 teko teh Jaga yang bisa dinikmati untuk 2 sampai 3 orang.

Selain Jaga, cafe dan restonya juga memiliki menu andalan yang wajib dicicipi, mulai dari ikan nila, kakap, kerapu, hingga gurami bakar. Menu ikan bakar tersebut dibanderol Rp16 ribu per ons, sudah termasuk sambal dan lalapannya.

Beberapa paket wisata yang bisa dipilih di Pantai Bohai, di antaranya paket Speed Boat selama 15-20 menit yang didampingi profesional guide seharga Rp 25 ribu, serta paket Rumah Apung seharga Rp 15 ribu saja.

Pengunjung Wisata Pantai Bohai

Selain wisatawan lokal, banyak juga wisatawan dari luar daerah Paiton yang berkunjung ke Pantai Bohai. Tak ayal, pantai ini juga dijadikan tempat singgah sementara untuk melepas penat karena perjalanan jauh.

Diketahui data pengunjung Pantai Bohai perbulannya mencapai 20.000 ribu sampai 35.000 ribu pengunjung. Berdasarkan data tersebut, pengunjung Pantai Bohai masih didominasi oleh tamu rombongan yang datang menggunakan bus dari wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Wisata Pantai Bohai terus mengembangkan dan mempromosikan 6 paket wisata untuk menggenjot pendapatan BUM Desa. Yakni, snorkeling, diving, rumah apung, donut boat, fishing dan adventure trail.

Lokasi, Jam Operasional dan Harga Tiket

Lokasi Pantai Binor berada di Dusun Pesisir, Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Jika wisatawan ingin pergi ke tempat wisata ini, bisa menempuh perjalanan kurang lebih 10 menit dari Kota Kraksaan, 30 menit dari Kota Probolinggo dan Pantai Bentar.

Jam operasional Pantai Bohai dibuka setiap hari, mulai dari jam 08.00 sampai 23.00 WIB. Sedangkan untuk tiket masuk ke Pantai Bohai terbilang murah, untuk memanjakan mata dan melepas penat di akhir pekan, pengunjung cukup membayar Rp10 ribu rupiah untuk mobil, sedangkan untuk kendaraan bermotor Rp5 ribu rupiah.

Raih Berbagai Prestasi

Selain berhasil di sektor ekonomi, BUM Desa Binor Enegi juga menorehkan prestasi membanggakan. Sebab ada 2 penghargaan tingkat Provinsi Jawa Timur yang diraih yakni sebagai Juara II Lomba BUM Desa yang diadakan Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, kemudian Juara I BUM Desa Award 2020 yang diadakan ITS Surabaya pada 11 November 2020.

Modal dan Pendapatan BUM Desa Binor Energi

Penyertaan modal awal BUM Desa Binor Enegi ini berasal dari dana desa (DD) Pemerintah Desa Binor. Kemudian dari modal tersebut digunakan untuk pengembangan Pantai Bohai, Pasar Minggu Dewi Harmoni dan Kantin Desa.

Pendapatan BUM Desa Binor Enegi mengalami kenaikan yang sangat signifikan, di bulan Februari tahun 2019 omsetnya mencapai sekitar Rp 20 juta. Pada bulan April, omzetnya meningkat menjadi 75 juta. Selanjutnya melonjak tajam menjadi Rp 200 juta.

Pada penghujung tahun, omzet BUM Desa menyentuh di angka Rp 650 juta. Selain itu juga, BUM Desa Binor Energi telah memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp200 juta.

Peningkatan Lapangan Pekerjaan yang Tersedia

BUM Desa Binor Enegi mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui unit usaha yang dikembangkannya. Untuk saat ini ada 70 tenaga kerja lokal terserap. Selain itu, BUM Desa bekerjasama dengan para UMKM dan nelayan dalam rangka bahan pokok untuk resto dan cafe.

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya