BUM Desa Tirta Mandiri Berhasil Kembangkan Berbagai Unit Usaha

(BUM Desa) Tirta Mandiri mampu meningkatkan pendapatan desa dengan melibatkan warga setempat dalam mengembangkan beberapa unit usahanya
Unit Usaha Umbul Ponggok. Sumberfoto: Ig. Wisata_solo
Unit Usaha Umbul Ponggok. Sumberfoto: Ig. Wisata_solo

Kolomdesa, Klaten –  Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Tirta Mandiri terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang dinilai sukses dalam meningkatkan pendapatan desa. Pasalnya, BUM Desa ini berhasil mengembangkan berbagai unit usaha dengan melibatkan warga desa setempat.

Berdiri sejak 15 Desember 2009 BUM Desa Tirta Mandiri memiliki  tujuan utama untuk meningkatkan perekonomian desa, mengelola potensi desa, serta mendorong pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dengan mendirikan beberapa unit-unit usaha.

Unit Usaha Umbul Ponggok

Umbul pegok menjadi unit usaha kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata snorkeling yang cukup terkenal di Klaten. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50×25 Meter dan kedalaman rata-rata 1,5-2,6 meter.  Sehingga para pengunjung tidak perlu takut terbawa gelombang, sebab tempat snorkeling kali ini bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih.

Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti dibawah laut. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis, sebab airnya mengalir terus-menerus.

Selain sebagai tempat snorkeling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut. Salah satu hal yang harus dilakukan saat berada di Umbul Ponggok adalah melakukan sesi pemotretan di dalam air.

Bagi pengunjung yang tidak memiliki kamera underwater tidak perlu khawatir. Di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan kamera underwater dan sudah termasuk operator kameranya (fotografer). Ada juga persewaan alat dan properti untuk foto. Paket foto Prewedding, paket diving, paket power dive (walker).

BUM Desa Tirta Mandiri Berhasil Kembangkan Berbagai Unit Usaha
Wahana air umbul ponggok. sumberfoto: X Media Indonesia

Unit Usaha Ponggok Ciblon

Setelah mengelola unit wisata Umbul Ponggok, kini BUM Desa Tirta Mandiri turut mengembangkan wahana air yang berdiri mulai September 2016 dan dikenal dengan sebutan nama Ponggok Ciblon. Sesuai dengan namanya yaitu ciblon atau tempat mandi.

Ponggok Ciblon ini menjadi tempat wahana air yang diperuntukkan untuk anak-anak. Dengan dibukanya wisata ini, anak-anak bisa bermain dengan air dengan ceria. Selain itu, di Ponggok Ciblon juga dilengkapi dengan resto & warung apung, waduk Galau sebagai tempat pemancingan.

Konsep wahana air pada Ponggok Ciblon telah berkembang menjadi  wahana wisata air terpadu yang meliputi taman air, arena outbond, wahana adventure.

Membuka Unit Usaha Kebutuhan Rumah Tangga

Unit usaha ini yang dimiliki BUM Desa Tirta Mandiri yang bergerak di bidang kebutuhan rumah tangga yang dirintis sejak bulan Juli 2016. Dimana usahanya adalah penjualan barang-barang kebutuhan rumah tangga pada umumnya, dengan nama toko desa “Sumber Panguripan”.

Toko desa memberikan pelayanan kepada warga masyarakat Desa Ponggok terutama bagi warga yang memiliki usaha kecil (UKM). Letaknya yang sangat strategis yaitu di pinggir jalan Raya Ponggok, bersebelahan dengan pusat Kantor Desa Ponggok dan Kompleks Wisata Ponggok Ciblon, menjadikan toko desa ini ramai pembeli.

Di toko desa ini tersedia fasilitas ATM bank BNI’46 dan ATM bank Mandiri. Toko desa “Sumber Panguripan” juga menjadi agen Laku Pandai bank BNI’46 yang dapat melayani buka rekening BNI, setoran tunai tabungan, tarik tunai tabungan. Selain itu juga melayani E-Payment yaitu transfer (sesama BNI & online antar bank), pembelian (token listrik, voucher pulsa HP), pembayaran (tagihan listrik, pulsa prabayar, tagihan kartu kredit, tiket, dll).

Selain itu, unit usaha toko desa Sumber Panguripan bekerjasama dengan Perum Bulog  dengan menjadi agen Rumah Pangan Kita (RPK). Dengan menjadi RPK, toko desa ini mendapat suplai kebutuhan pangan berupa beras, gula pasir, minyak goreng, dan tepung dengan harga yang lebih murah, sehingga hal tersebut bisa memberikan keuntungan yang lebih besar.

Unit Usaha Banyu Panguripan (Alat Persewaan)

Melalui BUM Desa Tirta Mandiri Desa Ponggok turut menjalankan unit usaha yang diberi nama Banyu Panguripan merupakan jenis unit usaha persewaan gedung desa untuk acara-acara masyarakat Desa Ponggok.

Sebelumnya, Banyu Panguripan dikelola langsung pemerintah desa setempat, namun sejak tahun 2017 persewaan gedung desa berpindah tangan didaungi langsung oleh BUM Desa Tirta Mandiri.

Mendirikan UKM Nila Murni

Bekerjasama dengan kelompok perempuan yang didampingi oleh Ketua TP PKK Desa Ponggok Hj.Ratnasari Irawati S,S.Pt. Hasil produk UKM Nila Murni terdapat berbagai jenis olahan makanan berbahan dasar ikan seperti pangsit, cipir dan pastel ikan nila bahkan stik dari duri ikan nila.

Produk-produk tersebut dijual di dengan stan lokal desa seperti di Toko Desa BUM Desa Tirta Mandiri Desa Ponggok dan counter khusus di Kantor Desa Ponggok dan melayani pesanan online dan beberapa tiket building untuk masuk kawasan wisata Umbul Ponggok.

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya