Desa Ilung Juara 2 se-Nasional Lomba SDGs Desa 2024

Desa Ilung di Kecamatan Batang Alai Utara (Batara), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), meraih Juara II dalam Lomba Sustainable Development Goals (SDGs) tingkat nasional.
Desa Ilung di Kecamatan Batang Alai Utara (Batara), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), meraih Juara II dalam Lomba Sustainable Development Goals (SDGs) tingkat nasional. Sumber: Humas Pemkab HST)

Kolomdesa.com, HST – Desa Ilung dari Kecamatan Batang Alai Utara (Batara), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil meraih Juara 2 Tingkat Nasional Lomba SDGs (Sustainable Development Goals Center) Desa 2024.

Prestasi yang diraih tersebut tertuang dalam Pengumuman No:264/PRI.05.VII/2024 tentang Penetapan Hasil Seleksi Tahap Lima Lomba SDGs Tahun 2024.

“Kami sangat bersyukur atas penghargaan tingkat Nasional untuk Desa Ilung Kecamatan Batang Alai Utara,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten HST, Eddy Rahmawan, Rabu (10/07/2024).

Eddy mengatakan bahwa penghargaan tingkat Nasional ini berhasil diraih atas kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Desa juga masyarakat di Desa Ilung Kecamatan Batang Alai Utara. Penghargaan ini juga tidak terlepas dari dukungan berkelanjutan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melalui Dinas PMD Provinsi Kalsel.

“Pemrov Kalsel terus mendorong pencapaian target pada masing-masing indikator SDGs,” tambahnya

Eddy mengungkapkan bahwa sebelum Desa Ilung, Kecamatan Batang Alai Utara menjadi Juara Dua Lomba SDGs Tingkat Nasional, pada tahap awal Pemkab HST mengirim 21 desa. Kemudian mengerucut menjadi dua desa HST yang mewakili regional Kalimantan yaitu Desa Pandawan dan Desa Ilung.

“Prosesnya sekitar enam bulan hingga sampai Desa Ilung ditetapkan sebagai Juara Dua Lomba SDGs Desa Tingkat Nasional tahun 2024,” jelasnya

Sementara itu, Camat Batang Alai Utara, Budi Haryanto juga menyampaikan terimakasih atas dukungan Bupati HST H Aulia Oktafiandi dan jajaran Pemkab HST, serta seluruh unsur Forkopimcam Batang Alai Utara baik itu unsur Desa maupun Kecamatan yang sudah mengarahkan dan mendukung desa Ilung. Sehingga Desa Ilung berhasil menorehkan prestasi tingkat Nasional.

“Keberhasilan ini bukan akhir, namun baru awal dari pemberdayaan dan pembangunan yg berkelanjutan dan konsisten dari desa oleh desa dan untuk desa,” ungkap Budi

Budi berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi desa yang ada di wilayah Kecamatan Batang Alai Utara, dan seluruh desa di Bumi Murakata untuk lebih optimal lagi melayani masyarakat, dengan selalu update data SDGs.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *