BUM Desa Citra Mandiri Gunakan Smart Economy

Banyuwangi - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) harus mampu menjadi wadah untuk menggerakan perekonomian desa dan menambah pendapatan asli bagi desa. Hal tersebut merupakan aspek penting bagi desa karena dapat digunakan untuk mendukung berbagai program dan pemberdayaan ekonomi warga.
Unit usaha Toserba milik BUM Desa Citra Mandiri. Sumber: X Desa Ketapang.
Unit usaha Toserba milik BUM Desa Citra Mandiri. Sumber: X Desa Ketapang.

Kolomdesa.com, Banyuwangi – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) harus mampu menjadi wadah untuk menggerakan perekonomian desa dan menambah pendapatan asli bagi desa. Hal tersebut merupakan aspek penting bagi desa karena dapat digunakan untuk mendukung berbagai program dan pemberdayaan ekonomi warga.

BUM Desa Citra Mandiri yang terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu contoh BUM Desa yang memiliki pengelolaan BUM Desa yang maju, modern dan apik dengan mengadopsi sistem smart economy.

Smart Economy merupakan pengelolaan perekonomian cerdas yang kemudian diterapkan baik di desa dengan tujuan untuk meningkatkan peluang dan daya saing, produktivitas dan jaringan pasar yang baik di desa. Pengembangan sektor ekonomi dilakukan oleh desa Ketapang melalui BUM Desa Citra Mandiri mulai dengan pengelolaan pasar hingga pembangunan unit usaha.

Memperbaiki Tata Kelola Pasar

Melalui BUM Desa Citra Mandiri terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memperbaiki pasar desa serta memperbaiki tata Kelola manajemen pasar desa menjadi lebih baik dan modern. Pengelolaan tersebut dimulai dengan melakukan penataan tempat parkir, pengelolaan sampah, pengaturan tempat berjualan, pengelolaan WC dan penarikan retribusi bagi pedagang pasar.

Dengan pengelolaan pasar yang lebih baik dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat desa untuk datang, sehingga hal tersebut akan terjadi transaksi antara penjual dan pembeli sehingga perekonomian akan berjalan. Selain itu, dengan hidupnya pasar akan memberikan pemasukan bagi desa.

Dirikan Toserba

Selain membuka peluang ekonomi kepada masyarakat, BUM Desa Citra Mandiri melakukan pengembangan dengan mendirikan Toserba dengan melakukan kerjasama dengan distributor untuk menjual bahan kebutuhan masyarakat. Selain tu, kerja sama ini memberikan kesepakatan harga yang lebih murah daripada toko-toko yang lainnya.

Salah satu distributor yang dijadikan mitra kerja samanya adalah Bulog yang mampu memberikan suplai terhadap bahan kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, gula, minyak goreng, dan lain sebagainya. Sehingga hasil penjualan juga akan berdampak kepada peningkatan PAD.

Kepala Desa Ketapang, Slamet Kasihono mengatakan dalam mewujudkan usaha, BUM Desa Citra Mandiri terus berinovasi dengan memberikan kemudahan kepada warganya melalui sistem pembayaran on call yang bisa diantar langsung ke rumah-rumah warga.

“Misalnya seperti tagihan listrik dan air, kami cetak dulu print out-nya lalu diantar ke rumah warga. Ada juga yang melalui Ketua RT setempat dan kelompok,” ujarnya.

Unit usaha Kantin Desa milik BUM Desa Citra Mandiri.
Unit usaha Kantin Desa milik BUM Desa Citra Mandiri. Sumber: X Desa Ketapang.

Mengembangkan Kantin Desa

BUM Desa Citra Mandiri terus berupaya melakukan pengembangan inovasi pengembangan perekonomian dengan mendirikan Kantin Desa sebagai salah satu unit usaha dalam memberikan layanan bagi warga yang sedang berkunjung ke kantor desa. Kantin ini menyediakan makan dan minum bagi warga desa yang sedang mengurus keperluan di kantor desa.

Kantin Desa juga disediakan untuk para pengunjung yang sedang beraktivitas di ruang publik yang sedang berolahraga maupun menggunakan layanan wifi gratis. Bahkan Kantin Desa juga menyediakan makanan untuk seluruh kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Desa Ketapang.

Selain itu, berkat Kerjasama yang dilakukan oleh BUM Desa Citra Mandiri dengan BRI kini fasilitas pembayaran dan penarikannya tunai bisa dilakukan dengan dengan mudah melalui Payment Point Online Bank (PPOB).

Unit usaha Kerajinan, Aksesoris, dan Batik. Sumber: X Desa Ketapang.
Unit usaha Kerajinan, Aksesoris, dan Batik. Sumber: X Desa Ketapang.

Memiliki Unit Pengembangan e-Commerce

BUM Desa Citra Mandiri juga bekerja sama dengan PT. Icon Plus untuk mengembangkan e-commerce yang dimiliki oleh BUM Desa Citra Mandiri dengan melakukan penjualan terhadap produk-produk industri rumah tangga, UMKM masyarakat desa yang dilakukan secara online.

Bahkan, melalui penjualan yang dilakukan secara online BUM Desa sudah pernah mengekspor keripik pisang sebanyak 1000 pcs ke negara Timor Leste. Program ini mampu berkembang dengan baik meski dalam transaksinya belum besar karena masih terkendala dengan sumber daya manusia dan produk-produk yang dijual belum terlalu banyak.

Sehingga perlu upaya untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM agar mampu memberikan ekspor yang lebih besar serta pengolahan produk yang maksimal.

Membuka Unit Usaha Simpan Pinjam

Banyaknya warga desa yang melakukan pinjaman ke bank maupun koperasi dengan bunga yang besar sehingga hal tersebut menambah beban kepada masyarakat. Oleh karenanya, BUM Desa Citra Mandiri tergerak untuk membuka unit usaha simpan pinjam yang diperuntukan warga desa yang mau mengembangkan usahanya.

Mereka bisa melakukan pinjaman bunga bank yang cukup rendah hanya sebesar satu persen. Jelas, dengan adanya unit usaha simpan pinjam tersebut warga desa cukup terbantu untuk membayar tagihan setiap bulan dengan bunga yang rendah.

Jasa Pengelolaan Sampah

Untuk mengatasi persoalan sampah di Desa Ketapang. BUM Desa Citra mandiri mendirikan unit usaha pengangkutan sampah yang diambil dari tempat-tempat restoran dan rumah makan. Selain terdapat jasa angkut sampah, BUM Desa juga melakukan pengelolaan terhadap sampah plastik.

Program pengelolaan sampah ini akan terintegrasi dengan eco literasi yang ditunjukkan agar memberikan pembelajaran bagi anak-anak di desa tentang pentingnya menjaga lingkungan di desa agar tetap lestari.

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya