Terima Bantuan, UMKM Budidaya Lebah Madu Optimis Lebih Produktif

Penyerahan Bantuan Program Pengembangan UMKM Budidaya Madu Lebah Hutan dan Terasi dan Ikan Asin dari Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) 2 PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB).
Penyerahan Bantuan Program Pengembangan UMKM Budidaya Madu Lebah Hutan dan Terasi dan Ikan Asin dari Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) 2 PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB). Sumber: PLN UIP KLB

Kolomdesa.com, Pontianak – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Budidaya Madu Lebah Hutan di Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Potianak mendapatkan bantuan dan dikembangkan Melalui PLN Peduli.

Bantuan yang berasal PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) itu diyakini dapat meningkatkan produktivitas budidaya lebah madu tersebut dengan lebih cepat.

“Terima kasih kepada PLN, semoga bantuan ini sangat membantu warga dalam meningkatkan usaha,” kata Camat Kendawangan, Adi Kesuma, Selasa, (2/07/2024).

Adi Kesuma mengatakan serah terima bantuan PLN Peduli dilanjutkan dengan pelatihan kewirausahaan. Pelatihan tersebut berlangsung di Kantor Desa Mekar Utama dengan dihadiri Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) 2 PLN UIP KLB, Dony Cahya Hari Mulya.

“Lalu dihadiri Kepala Desa (Kades) Mekar Utama, Hasbuna, Kepada Dusun (Kadus) Sungai Gantang, Kadus Silingan Sukaria, Maran, Perwakilan dari Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Ketapang, Sugiarto,” tambahnya.

Adi Kesuma menjelaskan bantuan yang diberikan PLN Peduli adalah berupa pelatihan kewirausahaan, pelatihan pengurusan legalitas UMKM, bantuan peralatan pendukung usaha budidaya muda lebah hutan, peralatan usaha terasi dan ikan asin, peralatan nelayan dan mengumpulkan ikan, serta bantuan bahan baku UMKM.

“Semoga pelatihan UMKM ini bisa meningktakan ilmu, wawasan, pengalaman, warga untuk lebih tahu cara mengelola suatu usaha yang baik, mudah-mudahan apa yang kita dapat ini akan berbuah banyak manfaatnya,” jelas Adi.

Senada dengan Adi, Kades Mekar Utama, Hasbuna berharap bantuan ini mendorong UMKM penerima bantuan semakin maju dan berkembang.

“Semoga bantuan yg diberikan PLN ini kami harapkan dapat memberikan motivasi kepada bapak-ibu kelompok UMKM semangat dalam mengembangkan produk-produk handalannya. Selain itu juga dapat mematenkan produknya melalui pengurusan legalitas sehingga semua UMKM di desa ini memiliki izin dan semakin meluas jangkaun penjualnnya,” ujarnya.

Sementara itu, Total penerima bantuan dari program PLN Peduli baik itu dari Kelompok Budidaya Madu Lebah Hutan, Kelompok Terasi & Ikan Asin serta Kelompok Nelayan Desa Mekar Utama adalah sebanyak 125 orang. Proyek ini akan menghubungkan antara jaringan Listrik di Kalimantan Barat ke Kalimantan Tengah.

“Saat ini kami sedang melaksanakan pembangunan SUTT 150 kV Kendawangan – Sukamara yang di mana melewati Desa Mekar Utama,” tutupnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *