Dua Desa di Tabalong Jadi Desa Bersih Narkoba

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tabalong dan Pemkab Tabalong meluncurkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2024.
Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tabalong dan Pemkab Tabalong meluncurkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2024. Sumber: Antara/Herlina.

Kolomdesa.com, Tabalong – Sejumlah dua desa di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan resmi diluncurkan menjadi Desa Bersih Narkoba (Bersinar) oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) setempat sebagai upaya menangkal narkoba dan obat terlarang. Adapun dua desa tersebut yakni, Desa Wirang di Kecamatan Haruai dan Desa Mangkupum di Kecamatan Muara sebagai upaya menangkal narkoba dan obat terlarang.

“Desa Bersinar sebagai upaya Pencegahan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN),” Kata Kepala BNNK Tabalong AKBP, Tukiman, Kamis (27/06/2024).

Tukiman mengatakan saat ini sudah terbentuk 11 Desa Bersinar. Kemudian tahun ini dua desa kembali dicanangkan sebagai Desa Bersinar.

“Peluncuran Desa Bersinar ini dilakukan bersamaan peringatan Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) yang dilaksanakan BNNK Tabalong bersama Pemkab Tabalong di Pendopo Bersinar Pembataan,” imbuhnya.

Tukiman menuturkan peresmian Desa Bersinar juga ditandai penyerahan sertifikat Desa Bersinar dari Kepala Dinas Kesbangpol Arbuansyah kepada perwakilan Desa Wirang dan Desa Mangkupum didampingi Kapolsek Kecamatan Muara Uya dan Haruai.

Kemudian, saat Hari Anti Narkotika BNNK Tabalong berkomitmen melaksanakan berbagai program pencegahan pemberantasan dan rehabilitasi.

“Kami mengajak semua kalangan untuk bergerak bersama dalam memerangi narkotika sesuai dengan tema HANI 2024 yaitu Masyarakat Bergerak Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersih dari Narkoba,” ungkap Tukiman.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Tabalong Arbuansyah mewakili Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah mengatakan perlu sinergi dan kolaborasi untuk bersama-sama berpartisipasi aktif. Hal tesebut dilakaukan dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

“Pemerintah daerah juga memiliki sejumlah program sosialisasi dan edukasi bahaya narkoba ke masyarakat, terutama di lingkungan sekolah,” kata Arbuansyah.

Pemkab Tabalong pun mengapresiasi dan BNNK Tabalong dan seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam upaya penanggulangan narkotika di Bumi Saraba Kawa ini. Ia mengajak agar semua kalangan bisa meningkatkan semangat kebersamaan dan kepedulian dalam memerangi narkotika.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *