Kinerja Pemdes Berkualitas, 30 Desa Terima Tambahan DD

Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Mukomuko Sumber Foto: Dok.klikindonesia.co.id
Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Mukomuko Sumber Foto: Dok.klikindonesia.co.id

Kolomdesa.com, Mukomuko- Dari total 148 desa di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sebanyak 30 desa berhasil menunjukkan kinerja pemerintahan desa yang terbaik. Sebagai hasilnya, 30 desa ini menerima tambahan dana desa untuk tahun anggaran 2023.

Kepala Dinas BPMD Kabupaten Mukomuko, Ujang Selamat, berharap agar dana desa yang diberikan dapat meningkatkan kemakmuran warga setempat secara merata dan menyeluruh.

“Tambahan dana desa ini adalah prestasi yang mengharumkan nama desa dan Kabupaten Mukomuko. Ini juga menjadi motivasi bagi desa-desa lain untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan desa,” ujar Ujang, Senin (24/6/2024).

Ia menjelaskan, tambahan dana desa ini merupakan penghargaan dari pemerintah pusat sebagai bentuk tunjangan kinerja bagi aparatur pemerintahan desa. Desa yang menerima Dana Alokasi Kinerja Tambahan ditentukan langsung oleh Kementerian Keuangan berdasarkan pedoman PMK 201/2022 Pasal 13.

Dana ini dianggarkan sebagai Dana Desa pada Perubahan APBDes 2023, dengan penggunaan yang mematuhi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

Ia menambahkan, bagi desa yang belum mendapatkan alokasi ini, diharapkan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa agar bisa mendapatkan dana tersebut pada tahun 2024.

Desa diwajibkan untuk memposting APBDes paling lambat 31 Desember sebelum tahun berjalan, menyetor pajak sebelum bulan berganti, dan mempercepat penyaluran Dana Desa.

“Mari tingkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa untuk masa depan yang lebih baik,” tandasnya.

Penulis: Wafi
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *