Budidaya Nila di Kampung Yoka Berpotensi Meningkat

Bibit Ikan Nila. Sumber: Dok. Portojambe
Bibit Ikan Nila. Sumber: Dok. Portojambe

Kolomdesa.com, Jayapura – Peternak ikan air tawar di Kampung Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura dapat bantuan 60 ribu benih ikan nila. Bantuan tersebut diklaim berpotensi meningkatkan laju produksitivitas budidaya ikan nila, yang bermanfaat bagi perekonomian warga desa yang mengelolanya.

Bantuan tersebut dari Dinas Perikanan Kota Jayapura, yang diserahkan pada 10 pembudidaya yang ada di Kampung setempat.

“Bantuan ini bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus) 2024 sehingga kami berharap dengan bantuan target produksi perikanan tahun bisa tercapai,” kata Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura Matheys Sibi di Jayapura, Rabu (19/6/2024).

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan pakan ikan sebanyak 250 karung dan jaring sebanyak 50 unit. Dengan itu, diharapkan produksi para peternak yang ada di kampung setempat meningkat.

“Sehingga kami berharap bantuan benih ikan nila dan pakan ternak dapat membantu pembudidaya ikan air tawar untuk meningkatkan produksi mereka,” harap Sibi.

Ia menjelaskan, target produksi perikanan air tawar pada 2024 sebanyak 13.635 ton dan target dari produksi perikanan Kota Jayapura tahun ini 57.787 ton. Apalagi budidaya ikan air tawar di Kampung Yoka sangat menjanjikan.

Sibi menambahkan, peternak ikan di Kampung Yoka memanfaatkan luas sungai 55 hektare dan baru dimanfaatkan seluas dua hektare. Hal tersebut merupakan potensi besar karena hampir 80 persen produksi perikanan budidaya adalah komoditas ikan nila.

“Dan minta masyarakat mengonsumsi ikan juga sangat tinggi sehingga berdampak pada tingginya permintaan kemudian ketersediaan ikan belum kontinu memenuhi pasar,” katanya lagi.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *