BUM Desa Maju Berkah Raih Omset Miliaran Lewat Usaha Ritel Modern

BUM Desa Maju Berkah berhasil kembangkan unit usaha di bidang ritel modern dan pengelolaan sampah. Hingga saat ini omsetnya mencapai miliaran rupiah.
Salah satu unit usaha ritel modern milik BUM Desa Maju Berkah. Sumber foto: website resmi Lombok Barat
Salah satu unit usaha ritel modern milik BUM Desa Maju Berkah. Sumber foto: website resmi Lombok Barat

Kolomdesa.com, Lombok Barat – Setiap desa mempunyai ciri khas dan karakteristik masing-masing untuk memajukan desanya. Termasuk Desa Midang, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat yang mempunyai terobosan dan inovasi mengembangkan dan memajukan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Maju Berkah. Salah satu unit usaha yang berhasil saat ini adalah di bidang ritel modern yaitu BUM Desa Mart Maju Berkah, hingga saat ini omsetnya sudah mencapai miliaran rupiah.

BUM Desa ini berdiri sejak tahun 2017 dengan nama Selun Jari. Kemudian pada bulan April tahun 2021 Desa Midang membentuk BUM Desa Maju Berkah melalui amandemen Peraturan Desa (Perdes) Midang tentang Pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Maju Berkah.

Direktur BUM Desa Maju Berkah Sunarto mengatakan pendirian BUM Desa ini untuk meningkatkan perekonomian desa dan membuka lapangan pekerjaan yang meningkat.

“Tujuan dari pembentukan dari BUM Desa Maju Berkah ini adalah untuk meningkatkan perekonomian warga Desa Midang dan terbukanya lapangan pekerjaan yang luas,” ujar Sunarto.

Perjalanan BUM Desa Maju Berkah

Letak geografis Desa Midang terdiri dari 8 Dusun dengan jumlah penduduk sebesar 9024 jiwa merupakan salah satu dari 16 Desa di Kecamatan Gunungsari. Batas Wilayah Desa Midang Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Desa ini penduduknya sebagian besar bersuku Sasak dan terletak di bagian barat pulau Lombok, tepatnya di Kabupaten Lombok Barat. Terdapat banyak pengerajin bambu di desa ini, dan para wisatawan yang berkunjung biasa membelinya sebagai oleh oleh khas lombok. Mata pencaharian penduduk di Desa Midang sebagian besar berada di sektor jasa. Hal ini menunjukkan bahwa sektor jasa memegang peranan penting dalam bidang ekonomi masyarakat.

BUM Desa Maju Berkah memilih usaha di bidang ritel modern dengan menjual berbagai kebutuhan pokok karena melihat trend (potensi) pasar yang ada saat ini. Usaha utama dari BUM Desa ini adalah penyalur sekaligus penyedia produk konsumsi masyarakat, selain itu juga BUM Desa mewadahi berbagai produk dari 670 UMKM yang ada di Desa Midang.

Keberhasilan BUM Desa Maju Berkah ini tidak terlepas dari kerja keras para pengurus BUM Desa dan unsur-unsur pendukung lainnya dengan semangat kolaborasi dan kekompakan yang ada di Desa Midang, sehingga BUM Desa Maju Berkah dapat berkembang pesat hingga memiliki omset miliaran.

Saat ini pemasukan dari usaha ritel modern ini mencapai Rp 200 juta per bulan atau sebesar Rp 2,4 miliar setiap tahunnya. Usaha ini tak lepas dari semangat untuk menjadi Desa Midang lebih maju dan mandiri.

BUM Desa Maju Berkah memberikan dampak yang sangat luar biasa dalam mengembangkan ekonomi masyarakat desanya. Terbukti dampak perubahan juga menular hingga ke desa lainnya. Seperti di Desa Sesela yang saat ini ikut terlibat mendirikan cabang MB Mart.

Tidak berhenti disitu saja, BUM Desa Maju Berkah juga memiliki unit usaha lainnya, yakni seperti pengelolaan sampah berbasis daur ulang, sebagai sumber pendapatan lainnya.

Kini banyak harapan yang diemban oleh BUM Desa Maju Berkah agar perekonomian warga semakin naik dan berkembang. Mulai dari menjual produk lokal warga, hingga distribusi kebutuhan masyarakat sebagai prioritas bisnis ke depan.

BUM Desa Maju Berkah tumbuh dan mulai memajukan ekonomi warganya. Perencanaan yang matang, dukungan dari pemerintah, hingga semangat berubah dari warganyaa menjadi modal sosial yang sangat kuat. Perubahan ini pun kian dirasakan langsung oleh masyarakat di Desa Midang, Lombok Barat.

Modal BUM Desa Maju Berkah

Penyertaan modal BUM Desa Maju Berkah berasal dari dana desa (DD) Desa Midang yang dialokasikan kepada unit usaha BUM Desa Mart Maju Berkah. Selain itu juga dialosikan untuk pengolahan sampah berbasis TPS3R.

Peningkatan Lapangan Pekerjaan yang Tersedia

BUM Desa Maju Berkah mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui unit usaha yang dikembangkannya. Saat ini BUM Desa Maju Berkah melalui unit usaha ritel telah menyerap tenaga kerja sebanyak 35 orang warga Desa Midang dan mewadahi 670 UMKM.

Pendapatan BUM Desa Maju Berkah

Pendapatan BUM Desa Maju Berkah Desa Midang sangat fantastis, karena setiap bulannya mencapai di angka Rp 200 jutaan, setara 2,4 miliar per tahunnya. Tentu hal ini memberikan dampak positif bagi Desa Midang dan sekitarnya.

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya