BUM Desa Sumber Sejahtera Sukses Tingkatkan PADes Hingga Miliaran Rupiah

Keberhasilan Desa Pujon Kidul patut diapresiasi karena telah berhasil mengelola dana desa yang digunakan untuk mendirikan BUM Desa menjadi lokasi wisata yang dapat memberikan daya tarik hingga ribuan wisatawan pada setiap harinya.
BUM Desa Sumber Sejahtera. Sumber Foto: Instagram cafesawah_pujonkidul
BUM Desa Sumber Sejahtera. Sumber Foto: Instagram cafesawah_pujonkidul

MALANGBadan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Sumber Sejahtera milik Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang menjadi salah satu contoh lembaga desa yang mampu meningkatkan potensi sumber daya alam dengan baik. Selain itu, BUM Desa ini juga menjadi salah satu contoh BUM Desa yang sukses meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) hingga milirian rupiah.

Keberhasilan Desa Pujon Kidul patut diapresiasi karena telah berhasil mengelola dana desa yang digunakan untuk mendirikan BUM Desa menjadi lokasi wisata yang dapat memberikan daya tarik hingga ribuan wisatawan pada setiap harinya.

Keberhasilan dari BUM Desa Sumber sejahtera tidak lepas dari tangan Kepala Desa Pujon Kidul Udi Hartoko. Ia mengatakan bahwa prinsip dalam mengembangkan BUM Desa tak hanya bagaimana  dapat meningkatkan omzet dan pendapatan desa. Menurutnya, prinsip utamanya adalah bagaimana BUM Desa dapat memberikan dampak kepada aktivitas ekonomi masyarakat.

“Jangan sampai BUMDes besar, masyarakat tidak bergerak. Jangan sampai jalan lurus, bagus, tetapi urbanisasi masif, kemiskinan tidak menurun, pengangguran juga demikian. Tapi bagaimana BUMDes ini berjalan bersama masyarakat menata ekonomi yang memberikan dampak lebih luas kepada masyarakat,” ujarnya.

Unit Usaha Kafe Sawah. Sumber foto : Instagram cafesawah_pujonkidul
Unit Usaha Kafe Sawah. Sumber foto : Instagram cafesawah_pujonkidul

Memiliki Berbagai Unit Usaha

BUM Desa Sumber Sejahtera memiliki unit usaha usaha untuk memperbesar pendapatan yang dimiliki BUM Desa. Dimulai pada tahun 2011 mereka bersama rekan lainnya mendirikan unit usaha yang bergerak dalam pertanian dan peternakan dan pada tahun 2013 pemerintahan desa menggabungkan diri dengan para petani dan peternak setempat.

Melalui kerjasama dengan masyarakat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata mereka mendapatkan pelatihan dan edukasi untuk meningkatkan hasil pertanian dan peternakannya. Setelah itu pada tahun 2017-2019 BUM Desa Sumber Sejahtera terus melakukan ekspansi pengembangan unit usaha seperti Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), Cafe Sawah, Paving, Usaha Air Bersih, Laku Pandai, Live in, dan lain sebagainya.

Dengan dibentuknya BUM Desa Sumber Sejahtera dan pembangunan unit usaha yang memiliki potensi lokal yang di desa sedikit demi sedikit dapat dikembangkan menjadi wilayah yang produktif dan bermanfaat bagi perekonomian masyarakat setempat.

BUM Desa Sumber Sejahtera Sukses Tingkatkan PADes Hingga Miliaran Rupiah
BUM Desa SUmber Sejahtera membentuk Desa Wisata. Sumber foto: Instagram cafesawah_pujonkidul

Mampu Meningkatkan PADes

Keberhasilan dari BUM Desa Sumber Sejahtera dalam mengelola dana desa patut diapresiasi oleh berbagai kalangan. Kades Pujon Kidul Udi Hartoko  mampu meningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) hingga mencapai miliaran rupiah dari tahun sebelumnya-sebelumnya yang hanya mencapai kisaran Rp 30-40 juta per tahun. 

“Tahun 2011 saat saya baru menjadi Kepala Desa, PADes kita hanya berkisar antara Rp20-30 juta per tahun. Ada peningkatan signifikan ketika kita mulai mengelola dana desa. Kita mendirikan BUMDes, kita manfaatkan potensi, kita gerakkan seluruh masyarakat. Tahun 2017 PADes kita meningkat menjadi Rp 162 juta, tahun 2018 Rp 1 Miliar lebih, langsung melonjak drastis,” ujarnya.

Perolehan PADes yang meningkat secara signifikan tentu akan memberikan dampak yang positif bagi kesejahteraan masyarakat Pujon Kidul seperti pembangunan infrastruktur, sosial, pendidikan dan kesehatan. Meliputi pembangunan jalan, drainase, perawatan sarana desa, bedah rumah, pengelolaan sampah, bantuan keagamaan, bantuan pendidikan, kesehatan lansia dan posyandu balita.

Pendapatan BUM Sumber Sejahtera

Hasil dari pengelolaan BUM Desa Sumber Sejahtera pada tahun 2020 mencapai Rp 1.158.004.475 dan pada  2021 pendapatan BUM Desa Sumber Sejahtera telah mencapai Rp. 1.117.402.000.

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya