BUM Desa Jaya Merdeka Jadi Sentra Batu Marmer di Bondowoso

BONDOWOSO - Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Jaya Merdeka milik Pemerintah Desa Koncer Kidul, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso ternyata memiliki usaha yang berpotensi bisa dikembangkan dan bernilai ekonomis tinggi.
Lokasi unit usaha pengolahan batu marmer milik BUM Desa Jaya Merdeka. Sumber: Dok Kolom Desa.
Lokasi unit usaha pengolahan batu marmer milik BUM Desa Jaya Merdeka. Sumber: Dok Kolom Desa.

BONDOWOSOBadan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Jaya Merdeka milik Pemerintah Desa Koncer Kidul, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso ternyata memiliki usaha yang berpotensi bisa dikembangkan dan bernilai ekonomis tinggi.

BUM Desa Jaya Merdeka ini ternyata memiliki usaha batu marmer yang bisa diolah menjadi berbagai produk. Seperti plakat, piala, ubin, cindera mata dan masih banyak pernah pernik dari olahan batu marmer. Selain itu, BUM Desa ini menjadi sentra batu marmer di Bondowoso.

Kepala Desa Koncer Kidul Hendra Widodo menjelaskan alasan didirikannya BUM Desa Jaya Merdeka di Desa Koncer Kidul agar dapat menjadi wadah untuk mengelola batu marmer lokal yang ada di Bondowoso untuk diperkenalkan kepada publik.

“BUM Desa Jaya Merdeka ini terbentuk sejak tahun 2023 sebagai wadah untuk mengenalkan potensi yang dimiliki oleh Desa Koncer Kidul kepada publik, Bahwa Bondowoso memiliki Batu Marmer yang lebih bagus daripada daerah lainnya,” ujar Hendra.

Oleh sebab itu, dari potensi yang telah dimiliki desa tersebut, Pemerintah Desa Koncer Kidul turut mengakomodir program usaha pengolahan batu marmer sebagai unit usaha yang dikelola BUM Desa Jaya Merdeka.

“Saya berharap semoga unit usaha BUM Desa Jaya Merdeka ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Koncer Kidul dan bisa menjadi lapangan pekerjaan bagi pemuda-pemuda dan Masyarakat sekitar guna menekan angka pengangguran di Desa Koncer Kidul ini,” harap Hendra.

Memiliki Berbagai Motif

Batu Marmer yang diolah oleh BUM Desa Jaya Merdeka ini memiliki berbagai jenis motif diantaranya seperti Motif Veining (Urat), Motif Marmer Polos, Motif Berbintik dan lain sebagaianya. Tentu dengan motif ini akan memberikan kesan tersendiri untuk kemudian diaplikasikan ke dalam arsitektur dan desain interior karena keindahan dan keunikannya.

“Batu Marmer di BUM Desa Jaya Merdeka memiliki motif yang sangat bagus diantaranya bermotif seperti petir,” kata Hendra.

Sebelumnya, Hendra juga telah melakukan studi banding di Tulungagung untuk melihat hasil olahan batu marmer namun ternyata kualitas batu marmer yang dimiliki BUM Desa Jaya Merdeka ini memiliki mutu yang lebih bagus sehingga layak untuk dipasarkan.

“Kita pernah studi banding, tetapi kualitas batu marmer kita jauh lebih bagus,” ujarnya.

Keramik hasil olahan batu marmer. Sumber: Dok Kolom Desa
Keramik hasil olahan batu marmer. Sumber: Dok Kolom Desa

Batu Marmer Diolah Berbagai Macam Bentuk

Keindahan dan kekuatan yang dimiliki oleh batu marmer dapat diaplikasikan ke berbagai bentuk barang atau produk yang diinginkan. Selain itu, juga bisa disesuaikan dengan tujuan serta penggunaannya.

“Batu Marmer yang dimiliki oleh BUM Desa Jaya Merdeka diolah dengan berbagai bentuk macam produk seperti Asbak, Vandel, Tropi, Ubin lantai dan lain sebagainya,” terangnya.

Produk-produk BUM Desa Jaya Merdeka memiliki nilai ekonomis tinggi dengan harga bervariasi mulai dari yang termurah yakni Rp 40 ribu. Hingga ada yang harga Rp 1,5 juta per meter untuk marmer lantai

Pemasaran Produk

Sampai saat ini BUM Desa Jaya Merdeka belum menjalin kerjasama dengan perusahaan lain untuk penjualan batu marmer. Hendra Widodo mengungkapkan bahwa pengenalan produk ini masih bersifat local.

“BUM Desa Jaya Merdeka belum ada kerjasama dengan perusahaan lain, saya khawatir nanti bahannya kekurangan,” ungkapnya.

Selain itu, ia berharap dengan adanya BUM Desa Jaya Merdeka dapat menjalin kerja sama dengan pihak terkait  untuk mendukung proses pemasarannya agar lebih meluas.

Pj Bupati Bondowoso saat meresmikan Launching BUM Desa Jaya Merdeka. Sumber: Website Pemkab Bondowoso
Pj Bupati Bondowoso saat meresmikan Launching BUM Desa Jaya Merdeka. Sumber: Website Pemkab Bondowoso

Dapat Apresiasi Bupati Bondowoso

Kehadiran BUM Desa Jaya Merdeka yang bergerak dalam pengolahan batu marmer itu  mendapatkan apresiasi langsung oleh Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekanto. Dirinya berharap adanya BUM Desa tersebut mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

“BUM Desa Jaya Merdeka sangat menginspirasi BUM Des lainya di Bondowoso tentunya dengan program usaha yang mendongkrak ekonomi Masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Bambang menyarankan agar BUM Desa Jaya Merdeka untuk melakukan kerjasama dengan Pemkab Bondowoso tentang pengadaan barang dan jasa hasil dari olahan batu marmer.

“Supaya tahun 2025 atau 2026, seluruh OPD di Bondowoso menggunakan produk lokal yang kualitasnya sudah terjamin bagus ini,” tandasnya.

Editor: Habib Az

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya