Target Desa Wisata Berbasis Digital, Kampung Malaumkarta Mulai Persiapkan Internet

Tugu Selamat Datang di Desa Malaumkarta, Sumber Foto: Dok. Jadesta Kemenparekra
Tugu Selamat Datang di Desa Malaumkarta, Sumber Foto: Dok. Jadesta Kemenparekra

SORONG – Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong didukung mejadi desa wisata berbasis digital oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya.

Dukungan itu seperti menyiapkan infrastruktur berupa jaringan internet di Malaumkarta. Sebab internet menjadi sarana pendukung utama dalam membangun wisata berbasis digital.

“Kita sepakat pariwisata menjadi sektor unggulan di Papua Barat Daya, sehingga harus menjadi prioritas bagi program kita di internal pemerintahan ke depan,” tegas Kepala Biro Perekonomian, Setda Papua Barat Daya Eksan Musa’ad, Rabu (15/5/2024).

Lebih luas Eksan menjelaskan, Pemprov akan terus memberikan kebijakan siginifikan dalam mendukung kualitas desa wisata. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat desa dapat ditingkatkan melalui aktivitas ekonomi di dalamnya.

“Memang ada beberapa kebijakan terkait desa wisata di Papua Barat Daya agar ke depan betul-betul maju,” katanya.

Menurut Eksan, potensi wisata di Papua Barat Daya tidak akan bisa berkembang dari daerah lainnya jika pengelolaanya biasa saja. Apalagi dunia saat ini sudah berubah ke era digitalisasi yang arah pembangunan desanya terbuka.

“Kita bangga karena Malaumkarta yang juga Desa Wisata 2023 menjadi pilot project Desa Wisata Berbasis Digital,” ujarnya.

Eksan menegaskan, melalui Event Torang Creative and Ecotourism Festival, pemprov Papua Barat Daya bersama Bank Indonesia ingin mendorong sektor pariwisata yang lebih unggul. Dinas Pariwisata dan Kominfo juga akan dikolaborasikan untuk akselerasi Desa Wisata Digital.

Penulis: Wahyu

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *