Jalan Banyak Berlubang, Tokoh Desa Desak Pemdes Turun Tangan

Kondisi jembatan yang ambruk di Desa Gerinam. Sumber foto: enimekspres.bacakoran.co
Kondisi jembatan yang ambruk di Desa Gerinam. Sumber foto: enimekspres.bacakoran.co

MUARA ENIM – Salah satu tokoh masyarakat Desa Gerinam, Martha Candra menyampaikan bahwa Pemerintah Desa (Pemdes) seharusnya lebih peka terhadap masalah kerusakan jalan yang memprihatikan. Jalan itu seharusnya sudah diperbaiki sejak lama, karena saat itu sudah terdapat tanda-tanda akan ambruk.

“Jangan menunggu amblas baru mau diperbaiki. Untungnya hingga saat ini belum ada korban jiwa. Mari kita sama-sama bergerak jemput bola agar kondisi ini segera diperbaiki,” tegas Chandra, pada Senin (13/5/2024).

Masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gerinam juga mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) Muara Enim untuk segera mengambil tindakan perbaikan jalan jembatan yang ambruk. Sebab hal itu mengakibatkan akses masyarakat dalam beraktivitas jadi terganggu.

Jalan jembatan Sungai Baung Gerinam yang ambruk diakibatkan longsor. Dengan begitu masyarakat melakukan protes kepada Pemda. Tidak hanya Pemda protes juga ditujukan kepada PT GHEEM yang selama ini beroperasi menikmati akses jalan tersebut.

Ketua BPD Desa Gerinam Kecamatan Rambang Niru Yetti Marlina menyampaikan, protes ini dilakukan agar segera ditindaklanjuti oleh Pemda, lantaran jalan ini merupakan akses masyarakat.

“Ya kita berharap segera ditindaklanjuti amblasnya jalan jembatan Sungai baung, karena jalan tersebut adalah satu-satunya akses bagi masyarakat. Kami juga sudah mendesak PT GHEEM melalui surat untuk ikut memperbaiki, namun hingga saat ini belum ada respon,” tutur Yetti Marlina saat meninjau kondisi jalan jembatan yang ambruk.

Yetti menyampaikan, hal ini merupakan bentuk kepedulian terhadap pengguna jalan dan jembatan tersebut sehingga pihaknya siap memperjuangkan dan pasang badan demi kepentingan masyarakat.

“Nah, sewaktu-waktu jangan salahkan kami jika melakukan sweeping terhadap kendaraan pribadi milik PT GHEEM yang kerap menggunakan jalan dan jembatan tersebut,” tegas Yetti.

“Ini masalah yang sangat krusial, masyarakat jadi terkendala beraktivitas akibat jalan jembatan tidak bisa dilalui. Kami berharap Pj Bupati Muara Enim segara mengambil langkah untuk memperbaiki jalan jembatan tersebut, karena kondisinya sudah sangat rusak,” tambahnya.

Penulis: Attori Alfi Shahrin
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *