Optimalkan Manajemen Dana Desa, Holtekamp Terbaik di Antara 13 Kampung

Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey saat peresmian gedung serbaguna Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami, Sumber Foto: Dok. Kabar Papua
Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey saat peresmian gedung serbaguna Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami, Sumber Foto: Dok. Kabar Papua

JAYAPURA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura menilai Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami merupakan kampung terbaik di antara 13 kampung di daerah itu. Pemkot menilai, kesuksesan itu sebagian besar dari sistem dan manajemen Dana Desa yang baik dan optimal.

Terbukti kampung tersebut berhasil membangun gedung serbaguna. Selain itu, kampung tersebut juga memiliki Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) berupa toko.

“Tetapi juga kemajuan Kampung Holtekamp tidak terlepas dari kinerja pemerintahan kampung melalui dana desa,” kata Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey, Sabtu (5/5/2024).

Pekey juga menilai jika usaha milik Kampung Holtekamp telah mampu menyejahterakan anggotanya. Selain itu, usaha tersebut juga sukses memberikan pendapatan secara mandiri pada kampung tersebut.

“Kami berharap semoga 13 kampung yang lain bisa juga memperbaiki atau belajar dari Kampung Holtekamp untuk lebih berkembang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Holtekamp Abraham Merauje mengatakan pihaknya telah membangun lima unit rumah untuk warga dengan tipe 3×6 meter persegi. Ia mengungkapkan jika biaya per unit Rp235 juta.

“Dan gedung serbaguna senilai Rp750 juta menggunakan anggaran pendapatan belanja kampung. Ini bertujuan untuk membangun kampung sesuai motto Kota Jayapura yakni ‘Satu Hati Membangun Kota Untuk Kemuliaan Tuhan’,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *