Desa Kalu Kaluku Terpilih sebagai Percontohan Kampung KB

foto: kampung kb desa kalu kaluku, sumber foto: sumber resmi bkkbn
foto: kampung kb desa kalu kaluku, sumber foto: sumber resmi bkkbn

KOLAKA UTARA – Desa Kalu Kaluku, Kecamatan Kodeoha, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menjadi desa penilaian dan verifikasi lapangan Kampung KB Tingkat Provinsi, oleh BKKBN Sultra tahun 2024.

 

Pencapain ini, tidak lepas dari kerja yang baik oleh pemerintah Kolut untuk menjadi lebih baik dan berkualitas sesuai standar yang ditetapkan oleh BKKBN dalam ketentuan Kampung KB.

 

“Selama ini kerja-kerja kita mungkin tidak terfikirkan akan mendapatkan penilaian ini. Bagus artinya kita bekerja karena kita ingin baik,” kata Asisten III Pemkab Kolut, Rahman, Senin, (1/4/2024).

 

Dirinya menyebut, bahwa standar yang ditetapkan oleh BKKBN dalam ketentuan Kampung KB tentu menjadi standar operasional bagi pemerintah Kolut untuk menjadi lebih baik. Dirinya juga mengungkapkan, bahwa Kolut ingin menjadi zona hijau dari stunting.

 

Oleh karena itu, bukan hanya satu desa yang dipacu untuk dijadikan sebagai Kampung KB. Namun, seluruh desa yang ada di Kolut juga harus berkualitas sesuai standar penilaian yang dilakukan oleh BKKBN.

 

“Kalau baik berarti keluarga-keluarga yang di dalamya pun berkualitas. Dengan menjadikan kampung kita berkualitas, Insyallah akan menjadi alat buat kita dalam menurunkan stunting. Apalagi stunting kita masih sekitar 29,1 persen,” terangnya.

 

Hal tersebut, menurutnya harus dijadikan sebagai motivasi bagi semua desa/kelurahan yang ada di wilayahnya tersebut. Jadikan ini tanda bagaimana membentuk desa/kelurahan yang berkualitas, karena memang kualitas itu dimulai dari dalam keluarga.

 

Ia menambahkan, apapun terkait hasil penilaian ini. Jadikan ini sebagai pemicu semangat buat pemerintah Kolut untuk memperbaiki kerja-kerjanya agar menjadi lebih baik kedepannya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *