Festival Port Numbay, Ajang Eksplorasi Potensi Kampung

Persiapan Gelar Tradisi Bukhere oleh Masyarakat kampung Yoka dalam Festival Port Numbay 2024, Sumber Foto: Dok. Paraparatv.online
Persiapan Gelar Tradisi Bukhere oleh Masyarakat kampung Yoka dalam Festival Port Numbay 2024, Sumber Foto: Dok. Paraparatv.online

JAYAPURA – Festival Port Numbay diharapkan jadi ajang mengeksplorasi titik wisata baru yang ada di setiap kampung. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano, Selasa (26/3/2024).

Festival Port Numbay yang dilaksanakan pada 26-28 April 2024 itu berlokasi di Kampung Yoka, Distrik Heram. Melalui ivent tersebut masyarakat setempat bisa mengetahui potensi apa saja yang bisa untuk dikembangkan.

“Dari sisi destinasi pinggiran danau di Kampung Yoka itu bisa dijadikan sebagai tempat perkemahan atau danau bisa dijadikan tempat untuk memancing maupun selam,” kata Matias.

“Eksplore Kampung Yoka dan Waena” meupakan tema yang dipilih dalam festival tersebut. Seni budaya seperti tarian, nyanyian, cerita rakyat dan kuliner tradisional akan mewarnai acara tersebut.

“Jadi tujuan dari Festival Port Numbay ini bagaimana kami bisa merangsang masyarakat yang ada di kampung untuk bisa melaksanakan kegiatan serupa secara reguler,” ujarnya.

lebih lanjut, melalui kegiatan tersebut juga diharapkan menjadi pendapatan perekonomian masyarakat kampung. Pasalnya, Festival Port Numbay merupakan salah satu dari lima top kegiatan perkampungan oleh Dinas Pariwisata Kota Jayapura.

 

Sebelumnya kegiatan tersebut berlangsung di Kampung Kayo Batu, Kampung Holtekamp, Kampung Tobati dan Kampung Skouw Mabo. Diharapkan sektor pariwisata akan membawa kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *