Gandeng TNI-Polri, BPBD Tuntaskan Jalan Tertutup Akibat Longsor

keterangan foto: ilustrasi jalan terkena longsor, sumber foto: Istock
keterangan foto: ilustrasi jalan terkena longsor, sumber foto: Istock

GORONTALO – Jalan lintas Sulawesi yang tertutup longsor yang berada di wilayah barat Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo sudah bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. Hal itu berhasil dilakukan atas sinergi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gorontalo usai menggandeng TNI-Polri yang turun langsung menangani masalah tersebut.

 

“Longsor telah berhasil dibersihkan. Pemerintah daerah sangat mengapresiasi dukungan pihak Balai Jalan, TNI dan Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo, pemerintah kecamatan dan desa serta masyarakat yang terus bekerja membersihkan material longsor,” kata Penjabat Bupati Gorontalo Utara, Sila Botutihe, Sabtu, (11/3/2024).

 

Ia menjelaskan, meskipun belum seluruhnya jalan tersebut belum bersih dari material longsor. Namun lalu lintas dari dan ke wilayah barat kabupaten tersebut sudah bisa dilalui meski masih memberlakukan sistem buka tutup jalan.

 

Dirinya berharap, masyarakat agar tetap bersabar menghadapi bencana alam ini. Pihaknya pun telah menyalurkan bantuan pangan ke Kecamatan Tolinggula dan termasuk bantuan untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Biau.

 

“Yakinlah saya terus berkoordinasi dengan Balai Jalan untuk pembersihan longsor mengingat lintas Sulawesi tersebut merupakan jalan nasional,” katanya.

 

Sekadar informasi, bencana longsor di wilayah barat Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo diantaranya empat titik di Desa Lelato Kecamatan Sumalata telah berhasil dibersihkan. Lalu lintas di ruas lintas Sulawesi tersebutpun telah kembali lancer meski masih memberlakukan sistem buka tutup jalan.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *