Pemdes di Lumajang Diminta Tekan Stunting Lewat Gebrakan dan Inovasi

Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun). Sumber foto: Kominfo Lumajang.
Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun). Sumber foto: Kominfo Lumajang.

LUMAJANG – Masalah stunting terus menjadi sorotan Pemerintah Kabupaten Lumajang. Pemerintah desa dan kelurahan setempat diminta untuk berpartisipasi aktif dalam menekan angka stunting melalui gebrakan dan inovasi.

 

“Untuk desa dan kelurahan yang paling penting untuk menurunkan angka stunting, harus melakukan gebrakan dan inovasi,” kata Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni,  Selasa (9/1/2024).

 

Menurutnya, langkah-langkah itu harus segera dilakukan agar penurunan angka stunting di Kabupaten Lumajang lekas terealisasi. Selain itu, upaya penurunan stunting bisa dilakukan di level desa atau kelurahan dengan menggerakkan partisipasi langsung masyarakat melalui beragam inovasi dan program.

 

“Inovasi penurunan stunting bisa jadi salah satu praktik dalam rangka menurunkan angka stunting baik di desa atau kelurahan,” ujarnya.

 

Yuyun meminta pemerintah desa untuk memperhatikan indikator-indikator yang bersifat sensitif dalam menurunkan stunting. Menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi berbasis masyarakat harus dikembangkan.

 

“Bahwa desa harus stop buang air besar sembarangan, sanitasi berbasis masyarakat harus dikembangkan, kebersihan lingkungan dijaga dan jaminan ketersediaan air bersih, itu penting untuk mencegah stunting,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *