Dua Kampung Percontohan Jadi Realisasi Program Pemberdayaan Perempuan

Kampung Yoboi, Distrik/kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, Sumber Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id
Kampung Yoboi, Distrik/kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, Sumber Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id

JAYAPURA – Kampung Asey dan Yoboi yang terletak di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua merupakan dua kampung percontohan. Oleh sebab itu, Pemerintah kabupaten setempat memilih dua kampung tersebut sebagai pelaksanaan program pemberdayaan perempuan.

 

Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah menyiapkan relawan pendamping. Mereka adalah 10 perempuan dari Kampung Asey dan Yoboi yang akan ditugasi di kampung mereka.

 

“Untuk mengajarkan kepada masyarakat di dua kampung tersebut mengenai pendidikan, kesehatan, serta kewirausahaan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura Miryam Y Soumilena, Senin (25/12/2023).

 

Pogram tersebut bertujuan meningkatkan kemandirian perempuan dan kesejahteraan keluarga. Sehingga, pemerintah daerah akan memberikan bimbingan pendidikan, kesehatan, dan kewirausahaan bagi perempuan di Kampung Asey dan Yoboi.

 

“Kita akan berupaya untuk tahun depan banyak kampung bisa mendapatkan dukungan relawan untuk mengembangkan potensi perempuan dan anak,” ujar Miryam.

 

Ia menambahkan, pemberdayaan perempuan di Kampung Asey dan Yoboi mencakup dukungan terhadap pengembangan usaha kerajinan batik dan noken serta kuliner. Sehingga diharapkan dapat memajukan ekonomi masyarakat setempat.

 

“Jadi, sumber daya alam yang ada dua kampung tersebut bisa dikelola oleh ibu-ibu di sana menjadi satu nilai ekonomis yang tinggi dan dari situ mereka bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan pendidikan bagi anak-anak mereka,” pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *