3 Kades di Jateng Diselidiki Kasus Dugaan Korupsi

Ilustrasi korupsi. Sumber foto: iStock.
Ilustrasi korupsi. Sumber foto: iStock.

SEMARANG – Polda Jawa Tengah menyelidiki dugaan korupsi yang dilakukan kepala desa di tiga kabupaten antara lain Karanganyar, Wonogiri dan Klaten. Modus korupsi yang dilakukan para kades yakni pemotongan dana dari penyedia jasa ketiga, serta dugaan kualitas pekerjaan yang tidak sesuai spesifikasi.

 

“Jadi Kades ini melakukan pemotongan dana dari Banprov. Lewatnya mana saja, dari penyedia jasa ketiga, kualitas pekerjaan tidak sesuai spesifikasi”, kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng Kombes Polisi Dwi Subagyo, Jumat (24/11/2023).

 

Dwi mengatakan saat ini Polda Jawa Tengah telah memeriksa 13 orang dari unsur pemerintah dan swasta. Semua yang diperiksa masih berstatus saksi.

 

“Sudah dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa Kepala Desa, Tim Pengelola Kegiatan (TPK), dan pihak ketiga yang terlibat dalam program Bankeu Provinsi Jateng. Total sudah 13 orang kita periksa, semua masih sebagai saksi,” ujar Dwi.

 

Dwi menegaskan bahwa penanganan kasus dugaan korupsi ini tidak berkaitan dengan politik jelang Pemilu 2024. Ia mengatakan penanganan kasus sudah dimulai sejak April lalu.

 

“Polda Jawa Tengah mengusut dugaan korupsi di kalangan kepala desa demi menjaga integritas pemerintahan daerah,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *