Karhutla Desa Didominasi Lahan Gambut dan Gelam

Karhutla Desa Didominasi Lahan Gambut dan Gelam. Sumber: Pexels.com
Karhutla Desa Didominasi Lahan Gambut dan Gelam. Sumber: Pexels.com

KAYUAGUNGKebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terjadi di Desa Cinta Jaya, Kecamatan Pedamaran. Lahan gambut yang didominasi belukar dan tanaman pohon gelam saat ini masih terbakar.

 

 

“Di daerah Sepucuk masuk Desa Cinta Jaya Kecamatan Pedamaran menyeberangi tol melewati kebun karet masyarakat saat ini masih terbakar,” terang Kepala UPTD KPH Wilayah V (Lempuing, Mesuji) Provinsi Sumsel, Edi Warsa, Minggu (19/11/2023).

 

 

Diungkapkan Edi, di lokasi yang terbakar ini masih ada 3 titik api lagi. Dimana beberapa hari yang lalu ada turun hujan yang lumayan lebat. Sehingga menyisakan 3 titik api lagi.

 

 

“Lokasi yang masih terbakar ini didominasi hutan tanaman gelam, ditambah gelamnya rapat sehingga terus merambat apinya,” jelas Edi.

 

 

Belum lagi, dijelaskan Edi, dalam pemadaman yang dilakukan oleh personilnya terkendala sumber air sulit. Dimana embung yang ada untuk 1 jam menyedot air sudah kering.

 

 

“Jadi kita dalam pemadaman titik api yang masih terbakar di Cinta Jaya ini kesulitan sumber air,” katanya.

 

 

Edi menyebut, karhutla masih bisa terjadi apabila belum musim hujan. Termasuk masih adanya masyarakat yang melakukan pembakaran lahan untuk membuka lahan pertanian meskipun sudah dihimbau dilarang membakar.

 

 

Penulis: Kurnia
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *