Akibat Hujan Deras, Dua Desa di NTB Diterjang Banjir

ilistrasi banjir, sumber foto: Istok
ilistrasi banjir, sumber foto: Istok

NTB – Desa Taloko dan Desa Kore yang ada di Kecamatan Sanggur, Kabupaten Bima di terjang banjir pada Rabu (15/11). Banjir ini, disebabkan oleh intensitas hujan yang sangat tinggi yang turun di daerah tersebut.

 

“Dua Desa di Kecamatan Sanggar yakni Taloko dan Kore terendam banjir. Tapi volumenya tidak begitu besar,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Drs. Isyrah, Rabu, (15/11/2023).

 

Ia menjelaskan, banjir tersebut terjadi setelah bagian wilayah Kecamatan Sanggar diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Dimana kondisi tersebut membuat air sungai yang dekat dengan permukiman meluap keluar dan merendam permukiman warga.

 

“Akibat intensitas hujan yang cukup deras. Luapan air gunung dan tersumbat aliran Sungai,” katanya.

 

Kini, banjir mulai surut karena volume banjir tidak begitu besar, luapan air hanya berlangsung sebentar. Hingga kini, kata dia, warga sudah mulai membersihkan sisa luapan air dan menjalankan aktivitas seperti biasa.

 

Dirinya mengatakan, terkait kerugian rumah warga yang terdampak banjir masih dilakukan pendataan oleh pemerintah desa dan kecamatan. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bima juga telah diterjunkan ke lokasi banjir.

 

Ia juga mengimbau kepada warga untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Pasalnya, saat ini telah memasuki musim peralihan dari kemarau ke hujan yang rawan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *