Pemprov Sumut Sebut Tiga Tantangan Pengendaliaan Inflasi

Pemprov Sumut Sebut Tiga Tantangan Pengendaliaan Inflasi. Sumber: sumutprov.go.id
Pemprov Sumut Sebut Tiga Tantangan Pengendaliaan Inflasi. Sumber: sumutprov.go.id

DELISERDANG– Pemerintah Provinsi Sumatwra Utara (Sumut) menerangkan bahwa terdapat tiga tantangan dalam pengendaliaan inflasi Daerah (TPID). Salah satunya adalah permasalahan dikatenakan adanya perubahan iklim dan cuaca ekstrem, yaitu kondisi El nino.

 

 

‘’Kondisi ini dapat menimbulkan gagal panen, sehingga pasokan akan terganggu. Hal ini perlu diwaspadai agar tidak defisit pasokan pangan, terutama pada kota IHK (Indeks harga Konsumen),” ujar Arief S Trinugroho saat sambutan Pj Gubernur Sumut, Kamis (02/11/2023).

 

 

Selanjutnya dari sisi distribusi, menurut Hassanudin, beberapa tantangan yang perlu segera diselesaikan adalah relatif panjangnya rantai distribusi, infrastruktur dan jaringan transportasi yang masih kurang memadai.

 

 

“Untuk menjawab tantangan di sisi distribusi ini, kita perlu melakukan beberapa upaya seperti mendorong perluasan kerja sama antardaerah yang terintegrasi dan melakukan digitalisasi rantai pasok pangan agar kita dapat memotong rantai yang tidak perlu dalam proses distribusi,” ujar Hassanudin.

 

 

Kemudian dari sisi permintaan, Hassanudin meminta agar dilakukan penguatan nilai tambah sektor pangan sebagai pilar ekonomi, dengan cara melakukan hilirisasi pada produk hasil pertanian, khususnya tanaman hortikultura.

 

 

“Hal ini dapat meminimalisir meningkatnya permintaan ketika pasokan sedang terbatas, karena sudah tersedia banyaknya pilihan produk turunan hortikultura di pasar,” kata Hassanudin.

 

 

Rakor TPID Sumut dilaksanakan selama dua hari, 2-3 November 2023. Turut hadir, Kepala Perum Bulog Sumut Arif Mandu, Kepala Kantor KPPU Kanwil I Ridho Pamungkas, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Agus Tripriyono, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Naslindo Sirait, Kepala Biro Perekonomian Poppy Hutagalung, perwakilan TPID Kabupaten/Kota se-Sumut dan perwakilan OPD Sumut.

Penulis: Kurnia
Editor: Dian

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *