Tiga Kampung di Papua Barat Juara Peduli Inflasi

Ilustrasi Peduli Inflasi, Sumber Foto: istock
Ilustrasi Peduli Inflasi, Sumber Foto: istock

MANOKWARI – Sebanyak tiga desa di Kabupaten Manokwari raih penghargaan pemenang lomba kampung QRIS peduli inflasi. Lomba yang digelar dalam rangka mengoptimalkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023 itu, merupakan inisiatif Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat dalam menekan angka inflasi.

 

“Sejumlah program sudah BI galakkan sebagai upaya menekan laju inflasi,” kata Kepala BI Papua Barat Rommy Sariu Tamawiwy, di Manokwari, Sabtu (28/10/2023).

 

Pemenang dalam perlombaan itu, diraih oleh Kampung Aimasi sebagai juara I, Wariki juara II, dan Sumber Boga juara III. Para peserta, sebelumnya telah mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis dalam menciptakan inovasi produk pangan olahan.

 

“Kalau juara I terima Rp30 juta, juara II Rp25 juta, dan juara III Rp20 juta. Ketiga pemenang itu kami berikan juga piala dan piagam,” ujar Rommy.

 

Lanjut Romy, selain tiga kampung tersebut, BI juga mengapresiasi enam kampung yang masuk sebagai kategori juara harapan. Di antaranya, Kampung Susweni, Ismaunggu, Sidey Makmur, Indoufa, Bowi Subur, dan Kampung Ngungguen. Mereka dapatkan juga piagam dan uang pembinaan sebesar Rp1 juta.

 

Ia menjelaskan, BI bersama pemerintah daerah di Papua Barat terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan pangan lokal. seperti halnya beras yang menjadi salah satu penyumbang inflasi. Tentu, hal tersebut diharapkan berdampak positif terhadap kestabilan harga komoditas pangan.

“BI terus bersinergi dengan pemerintah daerah supaya bisa mengoptimalkan pemanfaatan pangan lokal,” pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *