Presiden Imbau Stok Beras Cukup Meski Produksi Surplus

Presiden Imbau Stok Beras Cukup Meski Produksi Surplus. Sumber: Instagram/Jokowi
Presiden Imbau Stok Beras Cukup Meski Produksi Surplus. Sumber: Instagram/Jokowi

PADANG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi gudang Bulog di Rawang Timur, Kota Padang, Rabu (25/10/2023). Jokowi mengimbau ketersediaan beras di wilayah itu harus cukup, di samping tingkat produksi surplus.

 

 

“Alhamdulillah Sumbar tidak terdampak bencana El Nino, buktinya produksi beras di Sumbar surplus,” kata Jokowi, didampingi Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah.

 

 

Presiden Jokowi menyebutkan hampir semua negara sedang mengalami kekeringan El Nino, termasuk Indonesia meskipun hanya beberapa provinsi.

 

 

Walau begitu, Jokowi mengimbau agar masyarakat menyiapkan cadangan beras yang cukup, mengingat ketidakpastian iklim dalam beberapa tahun ke depan.

 

 

“Sebetulnya di Provinsi Sumatera Barat ini kan surplus, tetapi apapun yang namanya cadangan (beras) itu harus ada. Oleh sebab itu, kalau tadi kita lihat di gudang Bulog cadangan (beras) banyak,” bebernya.

 

 

Dikesempatan yang sama, Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat di Tanah Air yang terdampak El Nino akan diserahkan senilai Rp400 ribu untuk dua tahap yang akan dicairkan pemerintah yakni Rp200 ribu pada November, dan Rp200 ribu pada periode Desember.

 

 

Selain itu, Presiden Jokowi juga memberikan bantuan pangan dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM ). Dimana program ini sudah dijalankan dari September lalu.

 

 

“Ini pembagian bantuan pangan berupa beras bulan September, Oktober, November saya cek ada yang sudah menerima sekali, ada yang sudah dua kali. Saya kira nanti November semuanya insyaallah akan selesai tiga kali,” kata Jokowi.

 

 

Dengan disalurkannya bantuan ini, Presiden tetap berharap agar tidak mengurangi daya beli masyarakat di pasar Tradisional.

 

 

Penulis: Kurnia
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *