Atasi Kekeringan, Puluhan Sumur Bor Dibangun di Desa Bou

Ilustrasi sumur bor Sumber Foto: Istockphoto
Ilustrasi sumur bor Sumber Foto: Istockphoto

KOLAKA TIMUR – Badan Penananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara berencana akan membangun puluhan sumur bor di Desa Bou, Kabupaten Kolaka Timur. Langkah ini diambil sebagai bentuk antisipasi bencana kekeringan yang mengancam lahan persawahan di daerah tersebut.

 

“BPBD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan membangun sebanyak 30 sumur di Desa Bou,” ungkap Kepala BPBD Provinsi Sultra, Muhammad Yusuf, Minggu (22/10/2023).

 

Ia menyebut bahwa Langkah tersebut merupakan upaya dari pihaknya untuk membantu masyarakat terdampak kekeringan. Ia turut prihatin terhadap kondisi persawahan yang mengalami kekeringan akibat cuaca ekstrim.

 

Ia juga menjelaskan bahwa Wilayah seperti Desa Bou bisa mendapatkan bantuan sosial ekonomi. Contohnya, jika warga memiliki pekerjaan lain selain bertani, seperti bidang pertukangan atau peternakan, mereka bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan sosial ekonomi.

 

Saat ini, BPBD dan Dinas Tanaman Pangan sedang menyiapkan alat kontrasepsi hama dan penyakit (alkon). Namun, jika pasokan air tidak mencukupi, maka pembangunan sumur bor menjadi solusi terbaik.

 

Yusuf juga mengingatkan kepada warga yang terdampak bencana kekeringan segera menginventarisir jumlah kerugian yang mereka alami. Sehingga bisa mendapatkan bantuan sosial ekonomi yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *