3.800 Warga Desa Akan Diberikan Rice Cooker Gratis

foto rice cooker, sumber foto: toko pedia
foto rice cooker, sumber foto: toko pedia

NTB – Sebanyak 3.800 warga desa di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mendapatkan rice cooker gratis dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Saat ini Dinas ESDM NTB menunggu data dari pemerintah desa untuk diajukan ke pemerintah pusat.

 

“Masyarakat yang akan dapat rice cooker gratis di NTB sebanyak 3.800 orang. Sebanyak 3.800 orang itu hanya di Lombok saja sebanyak 19 desa,” kata Kepala Dinas ESDM NTB, Sahdan, Kamis, (19/10/2023).

 

Menurutnya, pemberian rice cooker gratis itu berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga. Hal ini juga agar masyarakat tidak terlalu bergantung kepada LPG.

 

Ia mengatakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp347,5 miliar untuk program rice cooker gratis. yang mana nantinya program tersebut ditujukan bagi sekitar 500.000 rumah tangga di seluruh Indonesia.

 

“Tujuannya orang yang pakai LPG beralih memasak pakai listrik. Makanya segmen yang dibagi orang yang kaya. Yang memiliki daya listrik 900 Watt ke atas. Kalau di bawah itu, gak bisa hidup rice cooker-nya,” ujarnya.

 

Sekadar informasi, anggaran ini bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian ESDM Tahun 2023. Meskipun dalam pasal 3 Permen ESDM No. 11 tahun 2023, masyarakat yang punya daya listrik 450 VA menjadi kriteria calon penerima, tetapi di NTB akan diperuntukkan bagi masyarakat yang punya daya listrik 900 VA dan 1.300 VA.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *