Kebakaran di Bukit Rangkap Mandalika Membuat Kru MotoGP Heboh

foto kepulan asap dekat Sirkuit Mandalika, sumber foto: istimewa
foto kepulan asap dekat Sirkuit Mandalika, sumber foto: istimewa

NTB Kepulan asap kebakaran yang terjadi di Bukit Rangkap, Desa Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) membuat kru MotoGP heboh. Pasalnya, letak bukit itu sangat dekat dengan Sirkuit Mandalika sekitaran 400 meter.

 

“Kelihatan asapnya. Jangan sampai ada yang mengganggu event MotoGP,” kata Direktur MGPA, Priandhi Satria, Senin, (9/10/2023).

 

Menurutnya, asap mulai mengepul sekitar pukul 12:30 wita, tampak beberapa kru yang sedang meyiapkan event balap MotoGP mengambil foto kepulan asap. Dari area paddock Sirkuit Mandalika, tampak kepulan asap itu tidak terlalu jauh sehingga terlihat jelas.

 

Dirinyapun meminta agar kebakaran itu segera diatasi oleh petugas Sirkuit Mandalika dan Badan Penaggulangan Bencana (BPBD) NTB. Hingga sampai saat ini, belum ada informasi terkait penyebab terjadinya kebakaran lahan tersebut.

 

Sebelumnya, Dirintelkam Polda NTB, Kombes Hendro Kusmayadi mengingatkan bahwa lima bukit yang mengelilingi Sirkuit Mandalika itu rawan terjadi kebakaran lahan. Iapun meminta kepada BPBD NTB untuk bisa mengantisipasi adanya kebakaran lahan bukit di sisi Sirkuit Mandalika.

 

“Sirkuit Mandalika dikelilingi beberapa bukit. Beberapa hal yang timbul seperti adanya kebakaran hutan dan lahan akibat musim kemarau perlu. Ini harus diantisipasi oleh BPBD, Polri-TNI dan Pemerintah Lombok Tengah,” katanya.

 

Ia mengatakan, dalam mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah menurunkan 10 anggota Polri di masing-masing bukit yang rawan terjadi kebakaran lahan. Baik yang disebabkan oleh panas sinar matahari maupun ulah manusia.

 

“Kami juga minta ada tim khusus dari ITDC untuk menyiapkan tim antisipasi kebakaran disiagakan jika terjadi kebakaran lahan. Karena kalau ada kebakaran api bisa segera dipadamkan tidak berkembang,” ujarnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *