Selorejo Siapkan Pengembangan Potensi Desa Wisata

Agro Petik Jeruk di Desa Wisata Selorejo . Sumber: http://selorejo-malangkab.desa.id/
Agro Petik Jeruk di Desa Wisata Selorejo . Sumber: http://selorejo-malangkab.desa.id/

MALANG –  Pemerintah Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang bakal memanfaatkan seluruh kawasan untuk destinasi wisata. Saat ini, pihaknya tengah menyiapkan konsep untuk pengembangan potensi desa wisata.

 

“Besar harapannya nanti semua wilayah yang ada di Desa Selorejo menjadi destinasi wisata yang punya ciri khasnya masing-masing.” kata Kepala Desa Selorejo Bambang Soponyono, Kamis (05/10/2023).

 

Bambang mengataka tujuan wisata saat ini yang populer dan kerap dikunjungi oleh wisatawan adalah Bumi Perkemahan Bedengan dan wisata petik jeruk. Selanjutnya dirinya juga akan mengembangkan pasar wisata maupun kampung budaya.

 

“Dengan adanya konsep ini, nantinya kita libatkan semua kawasan tujuan wisata, misal ada kampung organik, dan tanaman hias. Sehingga pengunjung atau wisatawan tidak hanya ke Bedengan saja,” ujarnya.

 

Meski dengan demikian Bambang berkeinginan menggandeng akademisi. Tentu baik di bidang pariwisata, IT, pertanian, penelitian, sekaligus pelatihan-pelatihan.

 

“Bantuan dan dukungan dari perguruan tinggi sangat lah penting guna untuk pembangunan SDM kami. Sehingga nantinya masyarakat bisa menyelenggarakan wisata dengan baik serta membaca peluang usaha pariwisata. Bahkan membuat pelatihan seperti kuliner maupun cindera mata,” urainya.

 

Pihaknya juga tengah menyiapkan Sentral Back atau pusat informasi yang lokasinya di samping kantor desa. Hal itu berfungsi untuk parkir mobil pribadi, bus, maupun kendaraan besar milik wisatawan yang hendak menuju tempat wisata.

“Untuk sentral back lahan sudah siap, tinggal pembangunannya. Sehingga, nantinya berfungsi untuk parkir semua kendaraan pengunjung menuju lokasi wisata. Dan pihak desa sendiri juga menyiapkan angkutan wisata menuju lokasi,” katanya.

 

Ia berharap jika konsep desa wisata sudah terwujud, mampu membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Utamanya untuk warga Desa Selorejo.

 

“Dan jika nanti kekurangan tenaga kerja, kita bisa merekrut dari luar desa,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *