Dana Desa Telah terserap Sebesar Rp176, 25 Miliar di Kapuas Hulu

Dana Desa Telah terserap Sebesar Rp176, 25 Miliar di Kapuas Hulu Sumber foto: djpb.kemenkeu.go.id
Dana Desa Telah terserap Sebesar Rp176, 25 Miliar di Kapuas Hulu Sumber foto: djpb.kemenkeu.go.id

KAPUAS HULUKepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Putussibau Provinsi Kalimantan Barat Sri Winarno mengungkapkan realisasi dana desa pada Kapuas Hulu mencapai Rp176,25 miliar. Realisasi dana tersebut menurut total pagu dana sebanyak Rp241, 91 miliar.

 

 

“Dana desa itu kami salurkan untuk 278 desa di Kapuas Hulu hingga Agustus 2023 sudah terealisasi Rp176, 25 miliar,” kata Sri Winarno, di Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu (30/09/2023).

 

 

Winarno mengatakan, dari 278 desa itu realisasi serapan tertinggi yaitu desa yg terdapat pada Kecamatan Selimbau yaitu sebanyak Rp13, 8 miliar atau 93,91 persen. Sedangkan, serapan terendah yaitu pada Kecamatan Suhaid yang baru mencapai Rp6,5 miliar atau 67,05 persen.

 

 

Ia berharap supaya semua desa di Kapuas Hulu mampu mengelola dan juga memanfaatkan dana desa aturan anggaran yang berlaku. Kemudian segera melakukan serapan anggaran untuk kebutuhan pembangunan pada desa sesuai dengan ketentuan.

 

 

Sementara itu, Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu Rupinus mengimbau para ketua supaya memaksimalkan pengelolaan dana desa menurut petunjuk teknis dan anggaran yg sudah ditetapkan pemerintah. Desa sudah diberikan wewenang spesifik pada mengelola dana desa yang direncanakan melalui APBDes.

 

 

Dia mengatakan salah satu kegunaan dana desa untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta menghidupkan Badan usaha milik desa (BUMDes). Selain itu, dana desa juga bisa digunakan untuk penanggulangan bencana alam serta untuk ketahanan pangan.

 

 

“Hati-hati dalam mengelola dana desa agar tidak terjerat kasus hukum, laksanakan dan kelola dana desa secara transparan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Rupinus.

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *