TNI Tanam Ratusan Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Desa Kuta

ilustrasi foto TNI menanam pohon Mangrove, sumber foto: sumber resmi TNI AD
ilustrasi foto TNI menanam pohon Mangrove, sumber foto: sumber resmi TNI AD

LOMBOK TENGAH – TNI Kodim 1620 Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan penanaman ratusan pohon Mangrove di pesisir pantai yang ada di Dusun Lauk, Desa Kuta, Kecamatan Pujut. Hal tersebut sebagai wujud pelestarian lingkungan pesisir pantai yang ada di daerah itu.

 

“Penanaman Mangrove tersebut sangat memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir khususnya di Kawasan Ekonomi Khususnya Kuta Mandalika (KEK) dalam menjaga naiknya air laut ke daerah pesisir,” kata Komandan Kodim 1620 Lombok Tengah, Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara, Rabu, (27/9/2023).

 

Ia menjelaskan, dalam kegiatan itu lebih dari 300 personel TNI, Polri, dan Komcad serta masyarakat sekitar yang ikut menanam pohon Mangrove di lahan seluas 1 hektare. Kerjasama dan sinergi dalam melakukan penanaman pohon ini diharapkan terus terjalin bersama komunitas lokal dan para sukarelawan lingkungan.

 

Menurutnya, kegiatan itu merupakan bentuk kontribusi TNI dalam pelestarian alam bersama masyarakat sekiatar dan juga Polri serta Komcad. Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat.

 

“Penanaman Mangrove ini dilakukan dengan seksama untuk melestarikan keberhasilan pertumbuhan Mangrove di masa mendatang dan yang akan datang. Ke depan penanaman Mangrove ini akan memberi dampak positif bagi ekosistem pantai dan kesejahteraan masyarakat khususnya wilayah Kuta dan sekitar,” ujarnya.

 

Ia berharap, semoga aksi penanaman pohon Mangrove ini dapat menginspirasi pihak-pihak lain untuk turut berperan aktif dalam melestarikan alam.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *